*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Ini Sekilas Profil Maarten Paes, Calon Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia

Maarten Paes akan jalani proes naturalisasi untuk perkuat Timnas Indonesia. Kiper FC Dallas itu sudah berkeinginan untuk menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Foto : Maarten Paes

Kabar ini dikonfirmasi langsung oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, Senin (8/1/2024). Erick mengaku keluarga Maarten Paes sampai menangis ketika kiper 26 tahun itu meminta izin untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Maarten Paes memenuhi persyaratan menjalani proses naturalisasi karena sang nenek yang asli Belanda lahir di Indonesia. "Ini investasi, (dia) sendiri mau memperkuat Timnas Indonesia, terharu gak? saya mah luar biasa," kata Erick, Senin (8/1/2024).

"Kiper utama FC Dallas, ketika dia ketemu neneknya, orangtua, untuk pamitan memperkuat Timnas Indonesia. Nangis keluarganya," kata Erick Thohir menambahkan.

Kemarin di Instagram pribadinya, Maartes Paes membagikan foto tengah berada di pesawat. Ada kemungkinan eks kiper FC Utrecht ini sedang menuju Indonesia untuk menjalani proses naturalisasi.

Maarten Paes sendiri merupakan pesepak bola Belanda yang menjadi kiper klub Major League Soccer (Amerika Serikat), FC Dallas. Maarten Paes lahir di Nijmegen, Belanda pada 14 Mei 1998.

Kiper berpostur 192 cm ini menjadi kiper kedua MLS dengan catatan penyelamatan terbaik. Paes bergabung dengan FC Dallas pada 20 Januari 2022 dengan status pinjaman enam bulan.

Ia memiliki Keturunan Indonesia dari neneknya. Maarten Paes tercatat pernah menjadi bagian skuad Belanda U-19 untuk Piala U-19 Eropa UEFA 2016 dan Piala U-19 Eropa UEFA 2017.

Sebelum bermain untuk FC Dallas, Maarten Paes juga pernah berkarier di Liga Belanda bersama FC Utrecht. Dia bergabung ke tim senior FC Utrecht pada 2019.

Ia mencatat debut di kasta tertinggi Liga Belanda, Eredivisie pada 19 Agustus 2019 saat melawan PEC Zwolle. Selama di tim utama Utrecht, Paes mencatat 48 penampilan di semua kompetisi dengan rincian menit bermain 4.264 menit.

Performa Maarten Paes yang meyakinkan membuat FC Dallas meminjam jasa kiper berpostur 192 cm itu pada Januari 2022. Performa impresif membuat FC Dallas mempermanenkan Paes pada musim panas 2022.

Bersama FC Dallas, Maarten Paes sudah membukukan 70 penampilan dengan total menit bermain 6.252 menit. Ia memiliki catatan 17 kali clean sheet dengan jumlah kebobolan 75 kali.(*)

Komentar0