*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Irak Lolos 16 Besar Usai Kalahkan Jepang

Timnas Irak berhasil memastikan diri lolos ke 16 besar Piala Asia 2023. Kepastian ini didapat setelah Singa Mesopotamia mengalahkan Jepang 2-1 pada laga kedua Grup D, Jumat (19/1/2024) malam WIB.

Irak Lolos 16 Besar Usai Kalahkan Jepang

Bermain di Education City Stadium, Irak tampil dengan susunan pemain yang sama seperti saat melawan Indonesia. Mereka mampu memberikan perlawanan kepada Tim Samurai Biru. 

Hasilnya, Singa Mesopotamia mampu mengejutkan dengan mencetak gol cepat lewat aksi Ayman Hussein pada menit ke-5. Pemain yang juga mencetak gol ke gawang Indonesia itu mampu merobek jala Jepang usai memanfaatkan umpan silang Yousessef Amyn.

Meski terus ditekan, Irak mampu membahayakan Jepang lewat serangan balik cepat memanfaatkan sisi-sisi sayap permainan mereka. Jelang pertandingan berakhir, Irak kembali keluar menyerang pertahanan Jepang.

Di saat pertandingan sepertinya sudah mau berakhir dengan skor 1-0, Irak kembali mengejutkan Jepang dengan golnya. Lagi-lagi Hussein yang menjebol gawang Suzuki untuk kedua kalinya pada menit 94. 

Menerima umpang matang dari Ahmed Al-Hajjaj dari sisi sebelah kiri, Hussein menyundul bola ke gawang tanpa bisa dihalau Suzuki. Hingga pertandingan babak pertama berakhir, tidak ada lagi gol tercipta, Jepang masih tertinggal 0-2 dari Irak.

Tertinggal dua gol, Jepang meningkatkan intensitas serangannya di babak kedua. Sundulan Ko Itakura masih mudah diamankan kiper Irak.

Irak nyaris bikin gol ketiga pada menit ke-68, lewat sebuah bola panjang ke depan. Mohanad Ali menerima bola dan melepaskan sepakan voli yang cuma bergulir tipis ke kiri gawang.

Peluang bagus Jepang hadir pada menit ke-84. Takumi Minamino mengirim umpan silang terukur dari kanan ke tiang jauh. Daizen Maeda dalam posisi bebas, namun sundulannya melenceng.

Upaya Jepang membuahkan hasil pada menit ke-93. Umpan sepak pojok Reo Hatate tak diantisipasi dengan baik oleh kiper, membuat Wataru Endo leluasa menanduknya ke gawang kosong.

Tak ada lagi perubahan skor di sisa waktu, Irak menang 2-1. Dengan hasil ini, Irak hampir dipastikan lolos ke babak 16 besar dengan enam poin dari dua laga pertama.

Sementara Jepang, turun ke posisi kedua klasemen Grup D dengan tiga poin. Vietnam dan Indonesia baru akan bertanding pada Jumat (19/1/2024) malam WIB.

Susunan Pemain:

Timnas Irak: 12 Jalal Hassan, 4 Suad Natiq, 2 Rebin Solaka, 5 Frans Putros, 3 Hussein Ali Haidar, 16 Amir Al Ammari, 8 Ibraheem Bayesh, 17 Ali Jasim, 25 Ahmed Al Hajjaj, 18 Aymen Hussein, 7 Youssef Amyn 

Pelatih: Jesús Casas Timnas Jepang: 23 Zion Suzuki, 4 Ko Itakura, 21 Hiroki Ito, 2 Yukinari Sugawara, 3 Shogo Taniguchi, 8 Takumi Minamino, 14 Junya Ito, 20 Takefusa Kubo, 5 Hidemasa Morita, 6 Wataru Endo, 18 Takuma Asano

Komentar0