GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Jelang Pemilu 2024, Polres Gelar Apel Bersama Polisi RW Se- Karawang

Pada Jum'at pagi, (19 Januari 2024) bertempat di loby Mapolres Karawang, Kasat Binmas Polres setempat AKP Iis Puspitaningsih bareng jajaranya melaksanakan giat apel bersama Polisi RW se-Karawang.
Polres Gelar Apel Bersama Polisi RW Se- Karawang

Kegiatan tersebut sesuai Perpol No : 1 Tahun 2021 tentang Polmas ( Pemolisian Masyarakat ), dan diketahui sebelumnya Polres Karawang sudah membentuk Polisi RW sejak Tahun 2023 , dan Surat Perintah Kapolres Karawang Nomor: Sprin/600/V/PAM.6.8/2023,Tanggal 10 Mei 2023,dengan jumlah anggota sebanyak 371 personil, baik POLKI dan POLWAN .

Kasat Binmas AKP Iis Puspita kepada awak media mengatakan, Sat Binmas memiliki banyak Tupoksi berkaitan masyarakat langsung dan salah satunya sebagai pembina fungsi dari Polisi RW/ Caket yang mengemban pemolisian masyarakat, ditempatkan atau ditugaskan pada wilayah masing-masing sampai komunitas kecil tingkat RW. Dengan adanya Polisi RW diharapkan intensitas kehadiran Polisi menjadi lebih dekat dengan masyarakat. (20/1/24).

Lebih lanjut AKP Iis Puspitaningsih jelaskan, Polisi RW adalah anggota Polri dengan golongan kepangkatan Bintara yang disiapkan dan ditugaskan di suatu wilayah untuk menyelenggarakan pemolisian masyarakat, membangun komunitas yang dapat bekerja sama dengan masyarakat dalam menciptakan Harkamtibmas. Laksanakan cooling system bersama Bhabinkamtibmas bersinergi dengan babinsa lebih menggiatkan kembali sambang kepada tokoh-tokoh agama atau datang dalam forum keagamaan dilngkungan pesantren, pengajian, majelis serta madrasah dengan mengedepankan preemtif yang bersifat persuasif dan edukatif melalui pemolisian masyarakat.
Polres Gelar Apel Bersama Polisi RW Se- Karawang

AKP Iis Puspita menegaskan berkaitan tujuan dari Polmas, yaitu suatu kegiatan mengajak masyarakat melalui kemitraan anggota Polri dan masyarakat sehingga mampu mendetiksi dan mengidentifikasi suatu permasalahan keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat serta menemukan pemecahan permasalahannya.

Untuk itu, dikatakan Kasat Binmas, kepada petugas Polisi RW di jajaran Polres Karawang agar dalam pelaksanaan tugasnya bersikap humanis kepada masyarakat, layani dengan sebaik baiknya serta kenali para tokoh di wilayah penugasannya masing- masing agar tercipta kemitraan yang harmonis antara Polri dan masyarakat dan itu semua semata-mata demi mewujudakan Harkamtibams di wilayah hukum Polres Karawang, tandasnya.

Diakhir wawancaranya, AKP Iis Puspitaningsih juga meminta semua Polisi RW se- Karawang memaksimalkan tugasnya untuk pendekatan lebih masif dan aktif kepada semua lapisan masyarakat terlebih jelang Pemilu serentak  2024 , yang waktu pelaksanaannya kurang dari satu bulan.(*)

Komentar0