GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Jojo Kecewa Tersingkir , Tiga Wakil Indonesia Lolos 16 Besar Malaysia Open

Tiga wakil Indonesia memantapkan langkah mereka di babak 16 besar turnamen Malaysia Open 2024. Ketiganya berhasil menang dalam laga yang digelar di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Selasa (9/1/2024).

Salah satunya dari sektor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting lolos ke babak kedua. Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati juga lolos.

Ginting sukses setelah mengalahkan wakil Taiwan, Su Li Yang dua gim langsung dengan skor 21-18, 21-12. Juara Asia 2023 itu tampil gemilang, namun tidak diikuti rekan senegaranya, Jonatan Christie. 

Jonatan menyerah di tangan wakil India, Srikanth Kidambi lewat pertarungan toga gim dengan skor 21-12, 18-21, 16-21. Jonatan merupakan peraih medali emas Asian Games 2018.

"Cukup merasa gugup, terutama di gim pertama, tapi setelah interval sudah bisa lebih menguasai keadaan. Gim kedua, karena sudah memegang gim pertama sebagai modal jadi bisa bermain lebih tenang," kata Ginting usai laga.

Dari ganda putra, Fajar/Rian menang melawan wakil Kanada, Dong Adam/Nyl Yakura, dua gim langsung, 21-16, 21-13. Sayangnya, kemenangan Fajar/Rian tidak diikuti pasangan lainnya, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. 

Pasangan berjuluk The Babies itu terhenti seusai menyerah dua gim langsung dari wakil Denmark. Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen mengalahkan The Babies dua gim langsung, dengan skor 16-21, 10-21.

"Start awal kami sudah bermain cukup enak tapi ketika mereka mengubah pola dengan memainkan tempo, kami jadi kesulitan. Itu juga terjadi di gim kedua," ujar Leo. 

Ganda campuran Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati juga lolo babak 16 besar. Mereka mengalahkan pasangan Jerman, Mark Lamsfuss/Isabel Lohau tiga gim langsung dengan skor 21-15, 12-21, 21-17.

Sementara, satu wakil Indonesia yang tersingkir yaitu Putri Kusuma Wardani. Pebulu tangkis tunggal putri itu menyerah dengan skor 11-21, 13-21 dari wakil Tiongkok, Han Yue.

"Hari ini setiap poin, saya sudah coba merancang pola tapi kembali lagi banyak mati sendiri. Lapangan agak berangin tapi selebihnya permainan saya kurang leluasa," ucap Putri. 

Foto : Jojo

"Mental dan pikiran saya juga tidak prima hari ini. Kalau bisa terjaga pastinya pukulan dan semuanya saya rasa bisa berjalan lancar," kata Putri melanjutkan.

Untuk Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie kecewa harus tersingkir di ajang Malaysia Open 2024. Pebulu tangkis yang biasa disapa Jojo itu tersingkir dari wakil India, Srikanth Kidambi. 

Laga 32 besar digelar di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Selasa (9/1/2024). Jojo menyerah setelah bertarung tiga gim 21-12, 18-21, dan 16-21.

"Pastinya kecewa, hasilnya tidak sesuai dengan yang saya harapkan. Saya sebenarnya mengawali permainan dengan cukup baik tapi di gim kedua tadi beberapa penyelesaian akhir dirasa terlalu terburu-buru," ujar Jojo usai laga. 

"Banyak spekulasi yang seharusnya tidak saya lakukan. Sehingga merugikan diri sendiri." 

Pebulu tangkis kelahiran 15 September 1997 mengaku permainannya buruk terjadi di gim ketiga. Tampil tidak tenang sehingga lawan memanfaatkan keadaan itu untuk meraih poin.

"Begitu juga di gim ketiga, kembali saya kurang tenang. Ketika lawan mendapatkan banyak poin," katanya.

Peraih medali emas Asian Games 2018 itu menyebutkan, Srikanth memiliki kelebihan berbeda dari pemain lainnya. Variasi pukulan tipuan menjadi senjata ampuhnya.

"Srikanth adalah pemain yang punya variasi pukulan tipuan. Itu yang membedakan dia dari pemain-pemain India yang lain," ucapnya.

Untungnya kekalahan Jojo bisa terobati dengan kemenangan wakil tunggal putra lainnya, Anthony Sinisuka Ginting. Unggulan ke 4 itu menang atas wakil Taiwan, Su Li Yang, 21-18 dan 21-12.(*)

Komentar0