*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Kabar Gembira, Pemerintah Buka 2,3 Juta Formasi CPNS 2024, Tes Mulai Mei

Kabar gembira untuk lulusan baru atau fresh graduate. Pemerintah bakal membuka 2,3 juta formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Kebijakan pengadaan calon ASN 2024 difokuskan pada pelayanan dasar, nanti akan kami sampaikan di belakang, yang totalnya 2.302.543," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan RB) Azwar Anas di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (5/1).

Foto : CPNS

Anas melanjutkan, sebanyak 690.822 merupakan formasi CPNS umum atau fresh graduate. Sementara 1.611.727 lainnya akan diisi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).Anas mengatakan, 2,3 juta formasi ini sekaligus menuntaskan pekerjaan rumah pemerintah mengenai tenaga honorer.

Di sisi lain, Anas mengungkapkan khusus di tahun 2024, pemerintah akan menggelar tiga kali tes ASN. Tes pertama dilakukan pada bulan Mei."Ini ditargetkan nanti bulan Mei sudah dilakukan tes. Jika belum, masih kosong lagi, masih bisa tes di berikutnya," ungkapnya.

Anas bilang, mayoritas formasi CPNS di tahun ini adalah bidang digital. Sejalan dengan upaya pemerintah memangkas birokrasi."Ada tenaga yang ke depan Itu zero growth, yaitu tenaga teknis fungsional dan yang negative growth adalah tenaga teknis pelaksana karena nanti akan sebagian diatasi dengan digitalisasi," katanya.

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 baru akan dimulai Maret atau April tahun ini, selepas pengumuman formasi oleh Presiden Joko Widodo.Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas menyebut proses seleksi tak seketika dibuka saat pengumuman formasi. 

Ia menekankan ada tahapan lain yang harus dilewati."Bulan ini (Januari 2024) kan tidak otomatis langsung direkrut. Kan ada proses pengumuman, proses A, B, C, D. Bisa jadi Maret atau April baru (dibuka seleksi)," ucap Anas.

Anas menyebut Jokowi punya permintaan khusus agar fresh graduate diprioritaskan untuk direkrut sebagai PNS. Ia mengatakan PNS berstatus baru lulus kuliah itu akan ditempatkan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Namun, ia belum bisa membocorkan bagaimana formasi CPNS 2024. Anas menyebut itu menjadi kewenangan Presiden Jokowi untuk mengumumkan langsung."Kita tunggu, saya belum dapat kabar pasti. Kalau sudah diolah, nanti presiden akan umumkan berapa formasi fresh graduate. Berapa pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang akan diselesaikan dan seperti apa kira-kira komposisinya," tutupnya.

Sebelumnya, Anas menegaskan formasi CPNS 2024 itu akan diumumkan langsung oleh Presiden Jokowi pada pekan pertama Januari 2024.

Ia juga mengatakan pemerintah akan fokus merekrut PNS dengan kemampuan dalam dunia digital di daerah. Digital yang dimaksud ada di tingkat hulu, seperti di sektor pertanian.(*)

Komentar0