GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Kaca Kokpit Retak, Pesawat ANA Lakukan Pendaratan Darurat

Pesawat Boeing 737-800 All Nippon Airways (ANA) Jepang mengalami insiden udara yang memaksa mendarat darurat pada Sabtu (13/1/2024). Kaca di kokpit mengalami retak, memaksa pilot untuk putar balik.

Kaca Kokpit Retak, Pesawat ANA Lakukan Pendaratan Darurat

Seorang juru bicara ANA mengatakan, pesawat dengan nomor penerbangan 1182 itu lepas landas dari bandara Sapporo-New Chitose dengan tujuan Toyama. Beberapa saat setelah lepas landas pilot mendapati kaca kokpit bagian terluar dari empat lapisan retak.

"Pesawat yang membawa 59 penumpang dan 6 kru itu mendarat dengan selamat, tak ada laporan ada yang terluka. Retakan tersebut tidak memengaruhi kendali atau tekanan dalam penerbangan," kata keterangan juru bicara tersebut seperti dilansir Xinhua, Sabtu (13/1/2024). 

ANA juga memastikan pesawat yang mengalami insiden itu bukan tipe yang sama dengan Max 9. Khususnya yang terjadi di insiden Alaska Airlines memaksa otoritas penerbangan Amerika Serikat (AS) mengandangkan jenis pesawat itu. 

Bahkan, regulator penerbangan AS telah memperpanjang larangan terbang bagi Boeing 737 MAX 9 sampai batas waktu yang tak ditentukan terkait pemeriksaan keamanan. Bukan hanya itu regulator akan memperketat pengawasan terhadap Boeing.(*)

Komentar0