*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Kembali Alami Keracunan Gas Coustic Soda, Ratusan Warga Karawang Dilarikan Ke Rumah Sakit

Ratusan warga di Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel Kabupaten Karawang keracunan diduga akibat kebocoran coustic soda PT Pindo Delli 2, pada Sabtu (20/1/2023) pukul 19.00 WIB.
Foto : Terjadi keracunan masal di Karawang


Nanik (53) warga Dusun Gempol, Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel mengatakan, ia bersama anaknya saat akan membeli sayuran sekitar pukul 19.00 WIB, di tengah jalan ada bau menyengat. Kemudian ia kembali ke rumah, namun malah makin parah baunya.

"Saya di rumah muntah-muntah, kepala pusing dan pingsan. Sadar-sadar sudah di rumah sakit," ujar Nanik (53) warga Dusun Gempol, Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel.

Menurut Nanik, ia merasa sesak napas hingga harus pasang tabung oksigen. Sekarang ia masih merasa pusing, kepala berat dan suara menjadi serak. Kejadi ini sudah sering terjadi, ia sudah empat kali menjadi korbam keracunan akibat kebocoran coustic soda PT Pindo Delli 2.
Foto : Terjadi keracunan masal di Karawang

"Saya ini sudah empat kali menjadi korban keracunan akibat kebocoran coustic soda PT Pindo Delli 2. Saya sudah lelah begini terus," jelasnya.

Sementara itu dari pantauan wartawan di IGD RS Rosela Karawang, terpantau dipenuhi oleh puluhan korban keracunan gas coustic soda yang diduga berasal dari PT Pindo Delli 2.

Dikatakan Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Karawang, Mahpudin menerangkan, bahwa ada sebanyak 35 warga Desa Kuta Mekar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang yang dilarikan ke RS Rosela Karawang. 

"Yang dilarikan ke RS Rosela Karawang ada 35 warga, terdiri dari 26 orang dewasa dan 9 orang anak-anak. Mereka rata-rata yang diduga menjadi korban keracunan ini mengalami mual, pusing hingga sesak nafas," ujarnya.
Foto : Terjadi keracunan masal di Karawang

Lanjut Mahpudin menyebutkan, BPBD Karawang bersama unsur TNI-Polri masih sedang melakukan evakuasi di tempat kejadian perkara (TKP) kebocoran gas coustic soda diduga milik salah satu anak perusahaan Sinar Mas.

"Seluruh korban di evakuasi ke sejumlah rumah sakit yang ada di Kabupaten Karawang, ada yang dibawa ke RSUD Karawang, RS Islam Karawang, RS Primaya Karawang, RS Bayukarta dan RS Mandaya Karawang," jelasnya.
Foto : Terjadi keracunan masal di Karawang

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada keterangan resmi baik dari pihak PT Pindo Delli 2 maupun pihak kepolisian resort (Polres) Karawang.(*)

Komentar0