*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

KPU Geber Pelipatan Surat Suara Jelang Pemilu 2024

Proses persiapan logistik pemilu 14 februari di Gudang KPU Kabupaten Bogor di Klapanunggal hampir mencapai target khususnya untuk pelipatan surat suara yang akan di distribusikan ke masing masing PPK di tingkat Kecamatan.

Dalam proses pelipatan itupun petugas KPU Kabupaten Bogor menemukan adanya surat suara yang cacat atau tidak memenuhi syarat dan di kembalikan ke percetakan KPU RI.Ketua KPU Kabupaten Bogor M. Adi Kurnia mengungkapkan ada 368 surat suara Piplpres yang di kembalikan dan tidak memenuhi syarat.Temuan tersebut tidak mempengaruhi progres pelipatan suara oleh petugas, 

KPU Geber Pelipatan Surat Suara Jelang Pemilu 2024

" Temuan Surat suara yang rusak antara lain akibat sobek, gambar cetak tidak jelas atau buram dan tidak ada bagian coblos pada surat suara ," Jelas Ketua KPU Kabupaten Bogor Adi Kurnia, Senin (15/1/2024).

Setidaknya ada 1412 orang di kerahkan terdiri dari Pekerja Harian Lepas (PHL) di bantu petugas PPK dan PPS untuk melakukan pelipatan dan pengemasan surat suara dan dokumen lainnya di Gudang KPU Kabupaten Bogor.Salah seorang petugas pelipat Ibu Nurjanah mengatakan upah yang mereka terima 200 rupiah hingga 250 rupiah per lembarnya.

" Kalau yang kemaren surat suara pilpres Rp.200 karena kecil, sekarang aga besar Rp.250 per lembar, target per hari bisa sampai 3 dus, 1 dus nya 500 pcs di kerjakan dari jan 8 sampai jam 4 sore," Ujar Nurjanah.

Ada 3 juta 9 ratus 79 ribu lebih dokumen berupa surat suara yang di bongkar muat di gudang induk KPU kabupaten Bogor dan saat ini sudah hampir 80 persen dokumen inti logistik pemilu sudah di terima.Beberapa yang masih menunggu adalah sampul untuk mengemas surat suara sebanyak 1528 unit. Pengemasan dokumen pemilu akan di masukan di dalam kotak suara yang terbuat dari bahan kardus polymer yang di bungkus plastik transparan sehingga tahan hujan dan lebih ringan. (*)

Komentar0