*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Lagi Rame, Kantor Desa Tarumajaya Yang Mirip Istana Negara

Masyarakat Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung, kini tidak perlu lagi ke Jakarta jika ingin melihat kemegahan dan eksotisnya Istana Kepresidenan Indonesia.

Gedung Desa Tarumajaya Yang Mirip Istana Negara

Mereka cukup datang ke gedung musyawarah desa dan dijamin akan merasakan aura yang sama dengan bangunan yang ada di Jalan Veteran Jakarta Pusat itu, karena desain kantor itu dibangun mirip dengan Istana Negara.

Dibangunnya gedung musyawarah desa yang mirip Istana Negara itu sendiri terinspirasi dengan perlunya tempat yang refresentatif sebagai tempat warga menyampaikan keluh kesah dan masukannya.

" Gedung ini peruntukannya untuk balai musyawah masyarakat, dimana mulai hari ini di Tarumajaya sudah mulai dibuka konsep keterbukaan, dimana masyarakat bisa langsung sharing berdiskusi dengan Kepala Desanya langsung tentunya melalui mekanisme yang ada," papar Kepala Desa Tarumajaya, Ahmad Iksan ketika ditanya tujuan dan konsep membangun Istana Negara mini di wilayahnya, Rabu (10/1/2024).

" Inspirasinya kami itu ingin memiliki bangunan yang berbeda dengan desa yang lain yang mengambil nilai-nilai budaya yang ada di Desa Tarumajaya dan Nasionalisme yang tinggi supaya orang-orang yang ingin ke Istana Negara Istana Merdeka tidak usah jauh-jauh ada miniaturnya disini," lanjut Ahmad Iksan.

Anggaran untuk membangun Istana Negara mini itu sendiri bersumber dari Anggaran Penerimaan dan Belanja Desa yang bersumber dari bonus hasil produksi panas bumi.

Untuk bagian muka gedungnya diambil dari anggaran tahun 2023, sedangkan untuk penyelesaian bagian dalamnya akan memakai anggaran tahun 2024 ini.

" Didalamnya rencananya jadi gedung pertemuan yang refresentatif. Ada videotron jadi tidak menggunakan infocus lagi. Kita akan pasangkan TV interaktif dan dijadikan command centre didalam juga sebagai tempat untuk mengontrol semua wilayah desa Tarumajaya," papar Ahmad Iksan.

Dengan bangunan semegah dan seindah serta seeksotis itu, dirinya kata Ahmad Iksan, ingin mengembalikan image kantor desa yang bersahabat untuk warganya.

" Dulu sebelumnya ini kumuh, gelap kurang bagus, pokoknya hari ini lita rubah, Ini juga menjadi bagian dari peningkatan dan optimalisasi pelayanan terhadap publik. Bangunan ini kami buat untuk memperlancar pelayanan kepada masyarakat," tandas Kepala Desa Tarumajaya .(*)

Komentar0