GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Musim Hujan Telah Tiba, Ini Cara Ampun Mencegah Influenza

Musim hujan selalu menjadi keadaan yang sangat dikhawatirkan oleh banyak orang. Hal itu karena banyak orang mudah terkena penyakit, salah satunya influenza.

Foto : orang kena influenza

Faktanya, banyak virus dan bakteri berkembang biak dan menginfeksi manusia di musim hujan. Agar vitalitas tubuh terjaga saat musim hujan, anda bisa melakukan beberapa tips berikut untuk mencegah influenza menyerang, dilansir Halodoc.

1. Vaksinasi

Salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah penyakit saat musim hujan adalah dengan melakukan vaksinasi. Influenza, hepatitis A, dan tifus merupakan penyakit umum yang menyerang pada musim hujan.

Untuk itu, penting untuk mencegah diri dari penyakit tersebut dengan mendapatkan vaksin. Anda juga bisa membuat janji vaksinasi di rumah sakit pilihan atau tempat yang biasa anda datangi

2. Konsumsi Makanan Bergizi

Makan makanan bergizi bisa mencegah berbagai penyakit saat musim hujan. Sebaiknya hindari terlalu sering mengonsumsi junk food.

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga tubuh dapat lebih memiliki daya tahan di musim penghujan.

3. Tetap Terhidrasi

Cara paling sederhana untuk mencegah penyakit saat musim hujan adalah dengan mengonsumsi cukup cairan. Tetap terhidrasi membuat tubuh terhindar dari flu, lebih baik mengonsumsi minuman hangat karena efektif membuat tubuh lebih rileks.

Jangan lupa juga untuk memastikan kebersihan airnya. Selain itu, anda juga disarankan untuk minum jus atau buah-buahan yang banyak mengandung air seperti semangka atau mangga.

4. Konsumsi Vitamin

Anda disarankan untuk mengonsumsi vitamin C. Dengan mengonsumsi vitamin C secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, mengonsumsi vitamin C juga mencegah penyakit umum saat musim hujan seperti batuk dan flu. Maka jangan lupa untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang juga mengandung vitamin C.

5. Rajin Cuci tangan

Menjaga kebersihan diri adalah salah satu cara paling sederhana untuk mencegah penyakit selama musim hujan. Cara termudah adalah dengan mencuci tangan secara teratur.

Mencuci tangan dapat mencegah penyakit umum seperti batuk, flu, atau demam. Teknik mencuci tangan yang benar adalah menggunakan sabun ke seluruh bagian tangan, kuku, sela-sela jari, dan punggung tangan.

6. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan dapat mencegah penyakit selama musim hujan. Saat musim hujan tiba, akan banyak genangan air. 

Jika genangan air tidak cukup bersih, maka akan menjadi sarang nyamuk. Termasuk nyamuk Aedes aegypti penyebab demam berdarah. 

Itulah sebabnya sangat penting menjaga kebersihan lingkungan anda. Hal itu dilakukan agar area tempat tinggal terhindar menjadi habitat bakteri dan penyakit.

7. Gunakan Anti Nyamuk

Losion anti nyamuk dapat mencegah demam berdarah. Untuk menghindari demam berdarah, anda bisa menggunakan obat anti nyamuk setiap kali melakukan aktivitas di luar ruangan.

8. Penggunaan Masker

Salah satu cara untuk mencegah penyakit saat musim hujan adalah dengan menggunakan masker saat berada di ruang publik. Ruang publik biasanya menjadi sarang penyakit menular seperti flu dan batuk.(*)

Komentar0