*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Pasca Liburan Nataru , Bupati Aep Sidak RSUD Karawang, Tahun 2024 Ratusan PNS Memasuki Masa Pensiun

Di hari pertama kerja paska libur tahun baru, Bupati Karawang H. Aep Syaepulloh SE mengumpulkan seluruh pejabat RSUD Karawang. Orang nomor satu di Karawang ini memberikan sejumlah catatan evaluasi tahun 2023 serta arahan program kerja di tahun 2024.(3/1/24)

Kehadiran Haji Aep di RSUD ditemani oleh Plt Kepala BKPSDM Karawang Asep Aang Rahmatullah serta segenap jajaran manajemen mulai dari Direktur Utama dr Parlindungan, Wakil Direktur, para Kepala Bagian dan Kepala Bidang.(2/1/24).

Foto : Haji Aep saat di RSUD Karawang

Dalam sambutannya bupati menyebut bahwa tahun 2023 telah berlalu. Apa yang masih kurang baik, jadi catatan untuk evaluasi dan apa yang telah baik agar terus ditingkatkan.

“Seluruh jajaran harus memiliki visi dan misi yang sama dalam mengembangkan RSUD Karawang. Berbagai evaluasi kinerja tahun 2023 kami bahas, termasuk juga proyeksi program kerja di tahun 2024 ini,” kata bupati.

Haji Aep mengaku sangat menekankan pentingnya kualitas pelayanan pada masyarakat. Sehingga program ini menjadi prioritas tertinggi RSUD Karawang di tahun 2024. “Pelayanan adalah ruh rumah sakit. Dari situ munculah trust dan kepercayaan masyarakat kepada kita sebagai penyedia layanan kesehatan,” ujar Haji Aep.

Dengan semakin baiknya pelayanan, sambung Haji Aep, pasti akan berimbas pada naiknya pendapatan sehingga akan berbanding lurus dengan kesejahteraan para tenaga kesehatan.

Selain itu, ia juga meminta agar RSUD Karawang memaksimalkan efisiensi anggaran. Setiap rupiah harus benar-benar berdampak dalam mendukung agenda besar RSUD Karawang meningkatkan pelayanan.

“Tetap semangat semuanya. Selamat bekerja teman-tema. Tahun baru, semangat baru. Tetap solid, kompak dan fokus pada tujuan kita semua,” tutupnya .

Semnetara Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karawang memprediksi, sebanyak 618 Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan pensiun di tahun 2024.

Kepala Bidang Pengadaan dan Pemberhentian Sistem Informasi ASN BKPSDM Karawang, Nendi Sopandi menyebutkan, prediksi ini direkap BKPSDM secara reguler berdasarkan berdasarkan usia para PNS.

“Prediksi yang akan pensiun 2024 sekitar 618 orang. Bisa jadi bertambah karena ada yang meninggal, mengundurkan diri dan kena hukuman disiplin. Yang ini prediksi pensiun reguler berdasarkan usia,”ungkapnya.

Ia menerangkan, jumlah total ASN di Karawang saat ini ada 12.332 (kumulatif) yang terdiri dari PNS sebanyak 8.678 orang dan PPPK sebanyak 3.654.

Kata Nendi, di tahun 2024 sebanyak 618 ASN diprediksi akan pensiun, maka jumlah tenaganya akan semakin berkurang.

“Di tahun 2023, yang pensiun karena batas usia ada 648 orang, rata-rata pensiun PNS tiap tahun memang 600-an orang,” terangnya.

“Sebenernya (jumlah ASN) kurang, dulu tahun 2009 jumlahnya 15 ribuan, termasuk Kabupaten yang gemuk. Sekarang jumlahnya 8 ribuan, cuman kita tutupnya pake PPPK ada 3 ribuan,” tambahnya.

Ia mengatakan, pengurangan ASN yang akan terjadi di 2024 sebetulnya ideal jika ada penambahan ASN. Meskipun begitu, lanjut Nendi, tidak ada masalah dengan jumlah ASN saat ini karena tertutupi oleh jumlah PPPK yang ada.

“Ada pengurangan di 2024 yang pensiun 600-an, sebenernya sih harus ada penambahan ASN. Tapi penetapan kebutuhan formasi ASN kan kebijakannya pemerintah pusat, atas usulan daerah,” pungkasnya,(*)

Komentar0