*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Pemerintah Akan Evaluasi HET Minyakita di Februari 2024

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyatakan akan mengevaluasi Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng ‘Minyakita’ bulan Februari besok. Sebelumnya, Kementerian Perdagangan meluncurkan minyak goreng kemasan ‘Minyakita’ pada Juli 2022 ketika terjadi kelangkaan migor dan harganya tinggi.

Foto: Minyakita

“Harganya akan kita evaluasi di Februari akhir, karena sudah hampir satu tahun setengah kan. Kita evaluasi apakah HET nya tetap 14 ribu rupiah per liter ataukah disesuaikan menjadi 15 ribu rupiah,” kata Mendag Zulkifli dalam keterangan pers di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (4/1/2024).

Saat meluncurkan ‘Minyakita’, Kemendag menetapkan HET Rp14.000/liter agar dapat dijangkau masyarakat berpendapatan rendah. Namun, di tingkat konsumen, harga ‘Minyakita’ dijual dengan harga melebihi HET.

“Bagaimana menjaga stabilitas harga minyak goreng, menjadi tugas yang diberikan pada Kementerian Perdagangan. Dan kita sudah bisa menstabilkan harga minyak goreng dengan meluncurkan minyak goreng rakyat,” ucap Mendag Zulkifli.

Menurut Kemendag, sepanjang 2023, program minyak goreng rakyat sudah menyalurkan 3,26 juta ton migor ke 34 provinsi. Dari jumlah itu, 64 persennya berupa migor curah dan 36 persennya migor dengan merek ‘Minyakita’.(*)

Komentar0