*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Pemerintah Tiongkok Berhasil Bongkar Ratusan Ribu Kasus Penipuan Daring

Pemerintah Tiongkok telah memecahkan 391.000 kasus penipuan daring dan penipuan telekomunikasi dari Januari hingga November 2023. Hal ini disampaikan Kementerian Keamanan Publik negara itu mengumumkan pada Jumat (5/1/2024).

Tiongkok Berhasil Bongkar Ratusan Ribu Kasus Penipuan Daring

Guna menindak tegas aktivitas-aktivitas kriminal terkait, kementerian itu pada 2023 meluncurkan operasi penegakan hukum. Ini yang menargetkan penipuan telekomunikasi dan penipuan daring.

"Secara total, 79.000 tersangka ditangkap. Termasuk 263 orang yang mendanai, memimpin, atau bertanggung jawab atas aktivitas kriminal tersebut," tulis keterangan pemerintah Tiongkok seperti dilansir Xinhua.

Kementerian itu juga telah mengerahkan tim ke negara-negara lain, termasuk Thailand, Filipina, dan Kamboja, untuk berpartisipasi dalam misi penegakan hukum internasional. Beberapa sarang kriminal di luar negeri ditumpas dan lebih dari 3.000 tersangka ditangkap dalam proses tersebut.

"Untuk mengatasi aktivitas penipuan telekomunikasi dan penipuan daring di Myanmar utara yang mengimbas warga Tiongkok. Otoritas keamanan publik di sejumlah wilayah setingkat provinsi, termasuk Yunnan, mendorong kerja sama penegakan hukum di wilayah perbatasan," tulisnya menambahkan.

Melalui kerja sama antara Tiongkok dan Myanmar, 41.000 tersangka penipuan telekomunikasi dan penipuan daring diekstradisi ke Tiongkok. Serta beberapa jaringan kriminal besar berhasil diberantas.

"Untuk memberikan dasar hukum yang kuat bagi penanganan kasus penipuan telekomunikasi dan penipuan daring, kementerian telah menyusun draf tindakan hukuman bersama. Khusus untuk penipuan telekomunikasi dan internet serta kejahatan terkaitnya dalam rangka mengimplementasikan undang-undang anti-penipuan telekomunikasi dan penipuan daring dengan lebih baik," tulisnya mengakhiri.(*)

Komentar0