GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Perkuat DAS Citarum, ITB Gelar Aksi Tanam Pohon

Dalam upaya melakukan konservasi daerah aliran sungai (DAS) Citarum, Himpunan Mahasiswa Sumber Daya Air Institut Teknologi Bandung (Himasda ITB) melakukan penanaman pohon, sekaligus dalam rangka perayaan Hari Pohon Sedunia, beberapa waktu lalu.

Perkuat DAS Citarum, ITB Gelar Aksi Tanam Pohon

Sungai Citarum sendiri memainkan peranan penting sebagai sumber air baku minum di 7 kabupaten serta 2 kota di Jawa Barat, hingga memasok kebutuhan air di Jakarta. Wilayah tersebut rentan mengalami penurunan kualitas akibat tekanan aktivitas manusia di daratan.

“Penanaman dilakukan di sempadan Sungai Cisangkuy, Desa Sukasari, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Bandung. Diharapkan dengan adanya penanaman ini dapat menyediakan udara bersih untuk lingkungan, mereduksi terjadinya banjir akibat luapan sungai, dan menangkal terjadinya erosi tanah di sekitar sempadan dengan jalinan akar pohon yang ditanam,” kata Erlangga Wicaksono (Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air, 2020) kepada awak media melalui pesan elektroniknya, Senin (15/1/2024).

Acara yang sengaja dilangsungkan pada peringatan Hari Pohon Sedunia, hal tersebut bertujuan memberikan kesadaran bagi masyarakat sekitar mengenai pentingnya pemulihan kerusakan lahan. Selain itu untuk semakin mengingkatkan kepada masyarkat mengenai pentingnya menjaga lingkungan di tengah perubahan iklim yang terjadi.

Pada kegiatan kali ini, Himasda ITB juga bekerja sama dengan berbagai pihak seperti Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Yayasan Disabilitas dan Lansia (DILANS) Indonesia, BBWS Sungai Citarum, Water World Forum, TNI, dan masyarakat sekitar.

Dengan kolaborasi apik berbagai pihak ini, sebanyak 100 bibit mahoni, 100 bibit manglid, 50 bibit suren, dan 50 bibit Ketapang berhasil ditanam. Langkah nyata untuk menyelamatkan bumi ini mendapat tanggapan positif dari masyarakat dan mahasiswa yang terlibat.Penanaman ini ditargetkan untuk terus berlanjut tahun depan dan mengalami peningkatkan untuk jumlah pohon yang ditanam.

“Setiap 3 bulan sekali akan dilakukan pemantauan agar bisa diteruskan di kepengurusan himpunan selanjutnya,” beber Dimas Putra Wahyudi (Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air, 2020).

Penanaman pohon ini merupakan salah satu dari rangkaian Water Project, kompetisi tahunan untuk mewadahi ide serta gagasan generasi muda dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya air. Water Project 2023 mengusung tema “Smart River Basin Management Towards Sustainable Development for National Prosperity”.

Sementara itu, Ketua Pelaksana kegiatan, Mochamad Erlang Alparizi (Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air, 2020) selaku ketua pelaksana, menjelaskan selain penanaman pohon dan kompetisi, Himasda ITB juga menggandeng BBWS Citarum untuk menghelat kegiatan seminar nasional pada 23 Desember 2023.(*)

Komentar0