*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Pesta Kembang Api 2024 di London Paling Spektakuler

Perayaan malam pergantian Tahun 2023 ke Tahun 2024 identik dengan pesta kembang api. Dan pesta kembang api di London, Inggris tetap menjadi tempat paling spektakuler di dunia.

Foto :Pesta Kembang Api 2024 di London Paling Spektakuler

Laporan media-media Inggris menyebut, tiket untuk acara pesta kembali api di London terjual habis dan area tontonan resmi penuh. Panitia menyiapkan kembang api di London dengan lebih dari 10.000 kembang api yang melesat ke langit malam setelah hitungan mundur Big Ben.

Big Ben adalah nama sebuah lonceng besar di tengah menara jam yang terletak di sebelah utara Istana Westminster, London, Britania Raya. Hitungan mundur Big Ben London menjadi tradisi detik-detik pergantian tahun baru di sana.

Setelah jutaan orang menyaksikan pertunjukan spektakuler kembang api di Sydney dan Auckland, Wali Kota London Sadiq Khan bercanda. Bahwa acara di Sydney dan Auckland “tidak berarti apa-apa” dibandingkan dengan pertunjukan di London.

Dia mengatakan bahwa perencanaan pesta kembang api di London dimulai pada bulan Juli 2023. Dan selama seminggu terakhir 75 pria dan wanita telah “mempersiapkan kedua sisi Sungai Thames”.

Puluhan ribu orang bersuka ria menantang cuaca dingin dan berangin kencang untuk menyaksikan pertunjukan kembang api di London. Tidak ada tempat tersisa untuk berdiri di sepanjang Sungai Thames dekat London Eye.

Pertunjukan kembang api di London dimulai dengan bong Big Ben dan kata-kata yang menyala di langit dengan drone yang berbunyi: "London, tempat untuk semua orang".

Mereka yang hadir, sebagian menunggu sejak pukul 07.30 malam wakt setempa. Lalu bersorak saat hitungan mundur dimulai sebelum bong Big Ben dibunyikan pada tengah malam dan 12.00 malam.

Namun, ceritanya berbeda di tempat lain di negara ini. Peringatan cuaca akan adanya angin kencang meliputi wilayah pesisir selatan Inggris dan Wales, dan mengakibatkan pembatalan dua acara.

Pertunjukan kembang api tahunan di Winter Wonderland di Plymouth dan Barnstaple keduanya telah dibatalkan. Beruntung acara pesta kembang api di London tak terganggu cuaca.

London adalah salah satu kota yang memiliki tradisi penyelenggaraan pesta kembang api mewah di dunia. Sejak 2014 lalu, kota ini memberlakukan pembelian tiket untuk menutup biaya pertunjukan kembang api di sekitar waduk Victoria.

Menurut The Guardian, saat pesta tahun baru 2014, London menghabiskan dana sebesar 1,8 juta poundsterling untuk menyalakan kembang api selama 11 menit. Pesta itu menggunakan 400 jenis kembang api cukup memuaskan mata penontonnya.(*)

Komentar0