GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Puan Ajak Generasi Muda Tiru Semangat Bung Karno

Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan kembali tiga ajaran presiden pertama RI Soekarno atau Bung Karno. Khususnya kepada generasi muda di Indonesia.

Ketua DPR RI Puan Maharani usai meresmikan Taman Pemuda Soekarno di Ngawi, Jawa Timur, Jumat (19/1/2024). (Foto: DPR)

Ia mengatakan bahwa ajaran pertama adalah Pancasila. Bung Karno gali dari bumi nusantara dengan intisarinya adalah gotong royong.

"Generasi muda harus terus kita ingatkan untuk bergotong royong. Membangun bangsa dan negara karena generasi muda adalah masa depan Indonesia," kata Puan usai meresmikan Taman Pemuda Soekarno di Ngawi, Jawa Timur, Jumat (19/1/2024). 

Lebih jauh, Puan mengungkapkan, ajaran berikutnya adalah Trisakti. Yaitu berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan. 

Menurut Puan, generasi muda Indonesia perlu tahu dan memahami ajaran Trisakti Bung Karno. Sebab, ini turut mendasari gerak-gerik pembangunan bangsa dan negara.

Terakhir adalah ajaran agar selalu berpihak kepada wong cilik. Bung Karno sejak muda sudah selalu membela kepentingan dan kesejahteraan wong cilik atau akyat kecil. 

"Ini yang kami harapkan. Generasi muda Indonesia juga mewarisi semangat Bung Karno," ujarnya.

Taman Pemuda Soekarno dibangun Pemerintah Kabupaten Ngawi sebagai wadah bagi masyarakat. Khususnya para pemuda untuk berinteraksi dan bersosialisasi secara positif.

Terdapat monumen Bung Karno berupa patung setinggi 6 meter di taman seluas 8.075 meter persegi tersebut. Adapun Taman Pemuda Soekarno akan terintegrasi dengan beberapa kawasan.

Seperti zona taman kota, zona pendopo, zona perkantoran, dan zona hutan kota. Saat ini zona-zona lainnya itu sedang dalam tahap pembangunan.(*)

Komentar0