GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Satbimas Polres Sambangi Keluarga Besar FKPM di Karawang Timur

Kembali Satbinmas Polres Karawang terjun lapangan dan kali ini ditemui  salah satu komonitas mitra polisi yang berada di perkotaan yakini keluarga besar dari forum kemitraan polisi dan masyarakat (FKPM), yang berada di Kelurahan Karawang Wetan (Karwet), Kecamatan  Karawang Timur, Karawang,(6/1/24).
Foto : Satbinmas Polres Karawang saat kumpul bareng dengan keluarga besar FKPM Karwet

Dalam kesempatan tersebut, KBO Satbinmas Polres Karawang Ipda Moch Arif Riswandi bareng dengan anggota dari Sat Binmas Briptu Reza Nurpujiana Ramadhan, S.H.

Arif Riswandi saat sambangi keluarga besar FKPM di Kelurahan Karawang Wetan mengungkapkan,  keluarga besar forum ini  merupakan salah satu mitra Polri maka harus aktif dalam keamanan masyarakat Karawang. Karena menurutnya, salah satu fungsinya adalah pemecaham masalah di lingkungan terbawah dalam hal rukun tetangga (RT). 
Foto : Bersama bareng depan kantor Karwet

FKPM harus mampu menangani masalah-masalah baik sosial, maupun gangguan Kamtibmas sesuai dengan Perpol No: 1 Tahun 2021 yang merupakan pedoman tugas dan fungsi dari FKPM. Selain itu, FKPM juga harus dapat memotivasu warga untuk sadar atau menjaga keamanan di lingkungan masyarakat masing masing,jelas Arif Riswandi.

Lebih lanjut Arif Riswandi tegaskan, Satbinmas Polres Karawang berharap di desa maupun kelurahan yang ada FKPM nya untuk bisa mewujudkan kemitraan antara Polri dan masyarakat dalam kontek Harkamtibmas.
Foto : Saat Arif Riswandi berikan kentongan sebagai bentuk dihidupkan kembali Ronda Malam di Karwet

Anggota Satbinmas Reza Nurpujiana juga menambahkan dengan menyebutkan,  FKPM adalah wahana komunikasi antara Polri dan warga yang dilaksanakan atas dasar kesepakatan bersama dalam rangka pembahasan masalah Kamtibmas dan masalah-masalah sosial yang perlu dipecahkan bersama oleh masyarakat dan petugas Polri.  FKPM sendiri bertujuan untuk mencegah dan menangani kejahatan dengan cara mempelajari karakteristik maupun permasalahan yang ada dalam lingkungan tertentu. FKPM bia memanfaatkan sumber daya manusia (SDA) dalam komunitas guna berbagai upaya pengendalian kejahatan,urai Reza mengakhiri keterangannya.(*)

Komentar0