*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Seluruh Penumpang Dua Kereta Saling Tabrak Dipastikan Selamat, KNKT Turunkan Tim Investigasi Kecelakaan KA di Bandung

Seluruh penumpang Kereta Api (KA) dipastikan selamat dalam kecelakaan terjadi di area Bandung, Jawa Barat. PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyatakan hingga kini tidak ada korban jiwa atau meninggal dunia menimpa para penumpang.

Seluruh Penumpang Dua Kereta Saling Tabrak Dipastikan Selamat, KNKT Turunkan Tim Investigasi Kecelakaan KA di Bandung

"Total penumpang KA Turangga sebanyak 287 orang dan KA Commuterline sebanyak 191 penumpang. Ada sekitar 22 penumpang luka ringan dan telah dibawa ke rumah sakit terdekat, untuk mendapat perawatan," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, Jumat (5/1/2024)

"Rinciannya di RSUD Cicalengka 18 orang dan RS Edelweis 2 Orang. Sedangjan di AMC 2 orang."

Dijelaskan, para penumpang yang selamat telah dievakuasi. Selamjutnya dibawa ke stasiun terdekat. 

Mereka dipersilakan untuk melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi yang KAI sediakan. Sisi lain, imbas kecelakaan, perjalanan terdampak yaitu KA 252 dan KA 256 Serayu relasi Pasar Senen–Purwokerto. 

Dengan kondisi ini, membuat Daop 1 Jakarta, melakukan rekayasa pola operasi dan memberikan kompensasi. Pola operasinya dengan jalan memutar.

"Melalui Cikampek–Cirebon Prujakan–Prupuk –Purwokerto. Sedangkan KA 268 Cikurai relasi Pasar Senen – Garut PP dibatalkan," kata Manager Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, Jumat (5/1/2023).

Sementara, sehubungan dengan terjadinya rintang jalan pada petak jalan Haurpugur - Cicalengka, KAI memberikan kompensasi. "Kompensasi tersebut atas penundaan keberangkatan atau keterlambatan kereta api penumpang," ujarnya

Diketahui Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menurunkan tim investigasi ke lokasi kecelakaan kereta api (KA) KA Turangga dengan Commuter Line Bandung Raya. Kecelakaan terjadi di km 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur-Stasiun Cicalengka.

"Teman-teman di lapangan masih mengumpulkan data faktual di lapangan," kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono dalam dialog Pro3 RRI, Jumat (5/1/2024). Dalam pengumpulan fakta-fakta di lapangan, pihaknya ingin mengetahui awal tabrakan itu terjadi hingga adanya korban jiwa dalam peristiwa tabrakan itu.

"Kita ingin tahu tabrakannya seperti apa? Itu semua yang kita kumpulkan di lapanagan termasuk bagaimana melakukan tanggap daruratnya," ujarnya.

KNKT akan memintai keterangan pihak-pihak yang terkait dengan  kecelakaan kereta tersebut. Menurutmya, tim investigasi masih terus mengumpulkan data-data kecelakaan di lokasi kejadian.

"Mungkin besok melakukan interview dengan petugas kereta api. Apakah PPK-nya dan pihak lain di stasiun," ucapnya.

Soerjanto mengatakan, KNKT akan bekerja keras untuk menyelesaikan penyelidikan kecelakaan kereta api tersebut. Sehingga, nantinya hasil penyelidikan dapat meningkatkan keselamatan transportasi kereta api di Indonesia. (*)

Komentar0