*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Siapkan Lulusan Berkualitas Hadapi Tantangan Industri, Universitas BSI Karawang Uji Sertifikasi Kompetensi Programmer

Sertifikasi kompetensi programmer semakin menjadi faktor kunci dalam mengembangkan karir di industri teknologi yang kompetitif. Dalam era di mana teknologi informasi terus berkembang dengan cepat, perusahaan teknologi semakin menghargai bukti konkret atas kemampuan teknis karyawan mereka.
Para ahli industri telah mengakui bahwa sertifikasi kompetensi merupakan cara yang efektif untuk memvalidasi pengetahuan dan keterampilan seorang programmer. 
Foto : Kegiatan Uji Sertifikasi Kompetensi Programmer UBSI Karawang

Dalam pasar kerja yang semakin kompetitif, memiliki sertifikasi dapat memberikan keunggulan bagi individu yang mencari pekerjaan atau ingin naik pangkat di perusahaan mereka.

Melalui Tempat Uji Kompetensi (TUK) Mandiri, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Karawang menyelenggarakan uji kompetensi skema Programmer di aula Kelas Kampus UBSI sejak Selasa hingga Minggu (28/01/2024) dan di ikuti rarusan mahasiswa Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Univeritas BSI Karawang. 

Bahkan, kegiatan ujian sertifikasi kompetensi yang dilaksanakan selama 6 hari ini, menghadirkan langsung empat orang asesor Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas BSI. Dan LSP ini sendiri sudah diakreditasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi atau BNSP.

Abdussomad selaku salah satu Assesor LSP Informatika sekaligus Kaprodi Sistem Informasi Karawang menjelaskan, untuk meningkatkan pengalaman pendidikan mahasiswa, sejumlah perguruan tinggi di Indonesia berkomitmen untuk melakukan perubahan signifikan guna mengelaborasi mahasiswa mereka. Perubahan ini sebutnya, tidak hanya mencakup peningkatan kurikulum, tetapi juga fokus pada pengembangan keterampilan, pemahaman kontekstual, dan kesiapan mahasiswa untuk menghadapi tantangan dunia nyata. 
“Kesuksesan mahasiswa tidak hanya bersandar pada kemampuan mahasiswa, tetapi juga pada hard skill dan soft skill, setiap lulusan juga wajib memperoleh sertifikat profesi atau kompetensi sesuai bidangnya masing-masing, "katanya.

Abdussomad menambahkan, sertifikat kompetensi yang akan diperoleh oleh mahasiswa yaitu sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh Universitas dan BNSP. Artinya, Jika mahasiswa mengikuti dan lulus uji kompetensi, mahasiswa akan mendapatkan sertifikat standar BNSP, yang berarti keahlian mahasiswa akan diakui secara nasional. “Harapannya dengan adanya uji kompetensi ini, mahasiswa kompeten pada bidang programmer dan mendapatkan sertifikasi dari BNSP sehingga dapat meningkatkan peluang lulusan di industri atau dunia kerja” tambah Abdussomad. (Rd)

Komentar0