*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

TNI AL Temukan Korban Tenggelam di Sungai Martapura

Prajurit Pos Binpotmar TNI Angkatan Laut (AL) Trisakti bersama tim SAR dari Basarnas dan Polairud Banjarmasin menemukan korban tenggelam. Tepatnya di Daerah Aliran Sungai (DAS) Martapura, Kalimantan Selatan. 

TNI AL Temukan Korban Tenggelam di Sungai Martapura

Diketahui, korban bernama Arif Wirayuda Rahman (23) merupakan seorang petugas pemadam kebakaran Belitung. Komandan Lanal Banjarmasin, Kolonel Laut (P) Agus Setyawan mengatakan, kronologi kejadian berawal pada hari Senin (29/1/2024) pukul 12.30 WITA. 

Korban bersama rekan kerjanya melaksanakan pemanasan dan pencucian selang di sungai Martapura. Di dekat Menara Pandang, Kota Banjarmasin. 

"Pada pukul 14.20 WITA, korban berenang mengikuti arus sungai hingga ke tengah sungai. Beberapa saat kemudian korban berteriak minta tolong sambil melambaikan tangan ke atas," kata Agus lewat keterangannya, Selasa (30/1/2024). 

Tak berselang lama, korban menghilang masuk ke dalam pusaran air dan tidak terlihat lagi. Selanjutnya rekan korban langsung menghubungi pihak keluarga dan meminta bantuan tim SAR untuk membantu proses pencarian korban.

"Berdasarkan informasi dari masyarakat atas tragedi tersebut, Tim SAR  gabungan dan masyarakat sekitar langsung melaksanakan pencarian terhadap korban," ucap Agus. Pada pukul 19.30 WITA korban ditemukan di perairan Sungai Martapura dalam keadaan mengapung tidak bernyawa. 

Selanjutnya korban dievakuasi oleh tim SAR gabungan. Kemudian dibawa ke rumah duka untuk diserahkan kepada pihak keluarga.

Dalam pekan terakhir, jajaran Pos Lanal Banjarmasin bersama stake holder lainnya beberapa kali melaksanakan SAR terkait orang tenggelam. Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga faktor keamanan dalam setiap kegiatan, terutama saat berenang di sungai.(*)

Komentar0