*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Wamendag Pastikan Stok Pangan Jelang Ramadan Aman

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga memastikan, stok pangan jelang Ramadan aman. Pasar-pasar tradisional, hingga pasar modern tidak kekurangan stok pangan.

Wamendag Pastikan Stok Pangan Jelang Ramadan Aman

“Saya bersama Pak Menteri (Zulkifli Hadan) ke beberapa wilayah di Indonesia, kita cek paling penting adalah stok. Alhamdulillah stok pangan aman,” kata Jerry dalam keterangan resmi, Sabtu (27/1/2024). 

Jerry menekankan, keamanan stok pangan menjadi kunci atas kondisi harga komoditas yang kondusif. Terlebih, biasanya, menjelang Ramadan harga pangan cenderung naik. 

“Harga daging ayam dan beras juga terpantau stabil. Memang ada fluktuasi harga di sejumlah komoditas,” ujarnya. 

Ia menambahkan, Kemendag tidak ingin harga pangan naik dan menyusahkan masyarakat. Untuk itu, Kemendag terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah, terkait stok dan harga kebutuhan pokok.

Direktur Utama Perusahaan Umum (Perum) Bulog Bayu Krisnamurthi sebelumnya mengatakan, stok beras Bulog aman. Bayu bahkan memastikan stok beras aman untuk konsumsi masyarakat, selama periode Ramadan dan Lebaran 2024. 

Bayu melanjutkan, persiapan stok beras cukup matang, hingga semester I-2024. Di mana saat ini ada sebanyak 1,6 juta ton, termasuk stok beras impor yang dalam perjalanan. 

"Kami bisa cukup yakin bahwa persiapannya sudah cukup matang paling tidak sampai dengan semester I-2024. Itu sudah tersedia semuanya," ucap Bayu.(*)

Komentar0