*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Warga Sukadana Cirebon Rugi Ratusan Juta Akibat Kebakaran

Rumah tinggal milik warga Desa Sukadana Blok I, RT.002 RW.002 Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Cirebon pada Sabtu, (13/1/2024).  

Foto ilustrasi

Menurut Kabid Pemadaman dan Penyelamatan Dinas Pemadaman Kebakaraan dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kabupaten Cirebon, Eno Sujana menjelaskan pemilik rumah terbakar atas nama Raetum. 

Sektor Damkar Cikulak mendapat telepon dari Warga menginformasikan telah terjadi kebakaran rumah di Desa Sukadana Blok 1. Setelah mendapat laporan tersebut Anggota Regu I langsung meluncur ketempat kejadian. Sambil menunggu datangnya Damkar dilokasi warga sekitar berupaya memadamkan api dengan alat seadanya.  

"Waktu menerima laporan pukul 09.50 dari Ibu Sinta dan petugas pemadaman berangkat ke lokasi kejadian pada pukul 09.53 WIB, baru tiba dilokasi Pukul 10.07 WIB kemudian selesai penanganan pukul 11.15 WIB," katanya.

Eno mengatakan saat tiba dilokasi api sudah membesar dan langsung memadamkan api, untuk mengantisipasi kekurangan pasokan air dalam proses Pemadaman Anggota yang dilapangan menghubungi sektor Damkar Ciledug untuk mensuplai air. Pihaknya bersyukur pemadaman selesai dan dilanjutkan pendinginan, dalam pemadaman melibatkan 2 Armada dan menghabiskan kurang lebih 7000 liter air ( 2 Tangki ). Pemadaman dibantu oleh masyarakat setempat dan aparat desa. 

"Menurut keterangan saksi api awal berasal dari kamar depan yang diduga dari Stop kontak, membuàt terbakarnya Charger HP sehingga menyebabkan api membesar dan menjalar ruangan dapur dan ruangan tengah lainnya. Saat kejadian ada salah satu penghuni yang masih didalam lari keluar rumah untuk menyelamatkan diri," ujarnya.

Penyebab terjadi kebakaran tutur Eno, diduga dari konsleting listrik (Arus pendek listrik)sedangkan material yang terbakar antara lain Rumah Tinggal beserta isinya berupa Barang elektronik TV LCD 23 inch dikamar tengah dan TV tabung 14 Inch dikamar depan lemari pendingin 1 pintu, Lemari 3 buah Ranjang 3 buah dan surat surat serta dokumen lainya. Diperkirakan kerugian akibat kebakaran mencapai Rp100 juta.

"Informasi terakhir yang didapat adanya benda berharga berupa Emas 30gram dan uang sebesar Rp60juta. Tapi kita masih tunggu investigasi dari Pihak Kepolisian," kata Eno Sujana.(*)

Komentar0