GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Waspada 5 Kesalahan ketika Minum Kopi yang Berefek Buruk bagi Tubuh

Minum kopi dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan kalau dilakukan dengan cara yang salah. Seperti terlalu banyak kafein hingga menggunakan biji kopi yang salah.(19/1/24).

Foto : Segelas kopi pagi

Kopi bisa menyehatkan tubuh kalau dikonsumsi dengan cara yang tepat. Karena, kandungan zat antioksidannya dapat meningkatkan imunitas tubuh juga energi sepanjang hari.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sederet kesalahan ketika minum kopi yang buruk bagi kesehatan, antara lain:

1. Terlalu Banyak

Kafein sebenarnya bertanggung jawab atas manfaat kopi. Namun, jika terlalu banyak juga dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan.

Konsumsi kafein berlebihan meningkatkan risiko sulit tidur, hipertensi, dan masalah jantung. Jadi, batasi konsumsi kafein harian. Menurut Mayo Clinic, batas maksimumnya 3-4 cangkir kopi per hari.

2. Kurang Minum Air Putih

Setelah minum kopi sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air putih yang cukup. Karena, tubuh mungkin memproduksi lebih banyak urin akibat kopi yang dapat menyebabkan dehidrasi.

Air putih ini bisa membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Karena, tubuh yang dehidrasi bisa menyebabkan beragam masalah, seperti kelelahan, sakit kepala, hingga gangguan fungsi kognitif.

3. Pilih Biji Kopi yang Salah

Kualitas dan rasa kopi bisa ditentukan dari pemilihan biji kopi yang tepat. Kalau ingin racikan yang enak, pilih biji yang fisiknya sempurna dan cek tanggal roasting.

Jika menggunakan biji kopi yang tanggal roasting-nya sudah terlalu lama, ternyata tak baik bagi kesehatan. Karena, biji kopi lama ini mungkin basi yang dapat memengaruhi kesehatan pencernaan. Jadi, lebih baik pilih biji kopi baru disangrai, giling dan seduh.

4. Pakai Gula Tambahan

Kopi yang baik dikonsumsi sebaiknya jenis kopi hitam tanpa gula. Kalau menambahkan gula ke dalam racikan kopi, bisa meningkatkan jumlah kalorinya.

Pada akhirnya dapat mengakibatkan penumpukan lemak yang lebih banyak. Kemudian dapat berkembang menjadi penyakit hati berlemak, yang merupakan penyebab diabetes, dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

5. Minum Kopi Sebelum Tidur

Kopi diketahui baik untuk menambah energi pada tubuh. Tak jarang banyak orang mengonsumsinya saat harus begadang semalaman.

Namun, minum kopi sebelum tidur bukanlah ide yang baik. Karena, kopi dapat menyebabkan kualitas tidur terganggu. Tak hanya itu, juga bisa menyebabkan sakit kepala, kecemasan, hingga perubahan suasana hati.(*)

Komentar0