Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, membantah kabar pengunduran diri sejumlah menteri dari Kabinet Indonesia Maju. Hal itu disampaikannya pada keterangan pers di Kantor Kemkominfo, Jakarta, Jumat (19/1/2024).

Budi Arie Setiadi

"Itu isu yang sama sekali tidak benar karena pemerintahan Pak Jokowi-Ma'ruf Amin tetap solid," ujarnya. Menurut Menkominfo, saat ini seluruh menteri anggota Kabinet Indonesia Maju tetap fokus bekerja.

Budi menambahkan isu tersebut berawal dari seorang ekonom yang beropini di media bahwa beberapa menteri akan mengundurkan diri. Karena ramainya informasi tersebut, Menkominfo mengaku sempat mengkonfirmasi langsung kepada menteri-menteri bersangkutan.

"Saya berkomunikasi dengan Ibu Menlu (Retno Marsudi) yang diisukan mau mundur," ucapnya.

Menurut Budi, Menlu sedang mempersiapkan diri untuk berdebat di Dewan Keamanan PBB terkait masalah Gaza.

Sebelumnya beredar isu Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan beberapa lainnya akan mundur dari kabinet. Isu tersebut mencuat lantaran Presiden Joko Widodo disebut-sebut tidak netral pada Pemilihan Presiden 2024.

Budi menegaskan penyebar isu itu mempercayai apa yang disampaikannya. "Dia juga meminta publik untuk ikut percaya, padahal isu itu sama sekali tidak benar," katanya.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, enggan menanggapi isu yang menyebutkan dirinya mundur dari Kabinet Indonesia Maju.

Dia hanya menjawab singkat ketika ditanya awak media usai rapat terbatas di Istana Negara, Jumat (19/1/2024).

"Saya bekerja, saya bekerja, oke terima kasih," ujarnya. Tanggapan singkat berupa bantahan juga disampaikan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

"Tidak, tidak," katanya pada kesempatan yang sama.

Menurut Airlangga, isu mundurnya Sri Mulyani tidak dibicarakan pada rapat yang membahas soal pajak hiburan tersebut.

Adalah ekonom senior INDEF, Faisal Basri, yang pertama kali melontarkan isu tersebut. Menurut dia, Sri Mulyani adalah menteri yang paling siap mundur dari kabinet.

Selain Menkeu, Faisal menyebut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, juga akan pamit dari kabinet. Dia mengungkapkan para menteri teknokrat ini sudah tidak merasa nyaman berada di Kabinet Indonesia Maju.

"Saya ngobrol dengan petinggi-petinggi partai, muncul katanya yang paling siap itu Ibu Sri Mulyani dan Pak Basuki," ujarnya. Faisal mengaitkan isu tersebut dengan kontestasi Pilpres 2024 yang dianggapnya di luar akal sehat.

Pihak Istana melalui Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, secara resmi membantah isu mundurnya Sri Mulyani dan Basuki. "Seluruh menteri tetap kompak dan solid membantu Presiden untuk memimpin penyelenggaraan pemerintahan sampai akhir masa jabatannya,” ujarnya.(*)