*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Waspada! Hoaks Video Longsor di Jalan Cadas Pangeran Sumedang

Beredar sebuah video dengan narasi bahwa telah terjadi longsor di Jalan Cadas Pangeran, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Video tersebut diunggah oleh beberapa akun media sosial, salah satunya akun Instagram.

Hoaks Video Longsor di Jalan Cadas Pangeran Sumedang

Namun, setelah ditelusuri melalui Turnbackhoax, klaim tersebut hoaks. Faktanya, video tersebut merupakan video lama yang terjadi pada tahun 2022.

Video longsor terebut memang terjadi di Cadas Pangeran pada tahun 2022 bukan di tahun 2024. Polres Sumedang mengklarifikasi melalui akun media sosial resminya, bahwa telah dilakukan pengecekan di sepanjang Jalan Raya Cadas Pangeran.

Berdasarkan hasil monitoring di lokasi Cadas Pangeran baik jalan atas maupun jalan bawah tidak terjadi longsor. Situasinya pun aman dan kondusif.

"Terkait berita video yang beredar di media sosial itu merupakan video kejadian pada tahun 2022. Bukan kejadian saat ini,” kata pihak Polres Sumedang melalui akun Facebook resminya.

Video longsor terebut dapat ditemukan pada akun Tiktok @Bogordailynews diunggah pada akhir Oktober 2022. Dapat disimpulkan video longsor di Jalan Cadas Pangeran awal Januari 2024 adalah keliru dan masuk kategori konten menyesatkan.


Refrensi:

https://turnbackhoax.id/2024/01/11/salah-video-di-jalan-cadas-pangeran-sumedang-longsor/

Komentar0