Kementerian Kesehatan RI menerima laporan setidaknya ada 27 petugas KPPS yang meninggal dunia selama pelaksanaan Pemilu 2024. Kebanyakan mereka meninggal dunia akibat kelelahan.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin turut menyampaikan duka citanya atas adanya laporan kematian dari petugas KPPS. Meski demikian, dikatakan Budi, angka kematian tersebut masih lebih rendah dibandingkan pemilu lima tahun yang lalu.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi

"Kami merasa bahwa masyarakat sudah lebih paham kalau bekerja itu jangan terlalu dipaksakan. Ke depan kami ingin Indonesia nol kasus (kematian KPPS)," kata Menkes usai menghadiri acara World Cancer Day di RS Kanker Dharmais, Jakarta Barat, Jumat (16/2/2024).

Menurutnya, petugas KPPS sudah mulai sadar bahwa kesehatan lebih penting. Bahkan, mereka mulai menyadari adanya resiko kesehatan yang mungkin dihadapi selama bertugas.

Oleh karena itu, Menkes berharap skrining kesehatan pada petugas KPPS saat ini dapat terus dilakukan. Utamanya, untuk pelaksanaan pemilu selanjutnya, sehingga angka kesakitan dan kematian petugas KPPS dapat ditekan.

"Rata-rata mereka (petugas KPPS) punya komorbid, ada darah tinggi, ada diabetes. Mungkin yang akan kami lakukan sebelum jadi anggota KPPS diskrining dulu," ujarnya.(*)