Arema FC berhasil meraih kemenangan 3-2 saat bertandang ke markas RANS Nusantara FC. Laga pekan ke-25 BRI Liga 1 2023-2024 ini berlangsung di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta, Kamis (22/2/2024) malam WIB.

Arema FC langsung bermain agresif sejak awal pertandingan di babak pertama. Singo Edan (julukan Arema) menekan pertahanan RANS Nusantara lewat permainan agresif tiga pemain depannya.

Keunggulan Arema tercipta pada menit ke-17 yang diawali tendangan dari tengah lapangan. Dedik Setiawan yang berada di sisi kiri kotak penalti menyundul bola yang disambut dengan tandukan Lokolingoy ke gawang. 

Selepas gol tersebut, Singo Edan semakin percaya diri untuk menekan pertahanan RANS Nusantara. Tak butuh waktu lama, Charles Lokolingoy berhasil mencetak gol kedua dalam laga tersebut di menit ke-24.

Tertinggal dua gol, RANS berusaha keluar menyerang, namun upaya tersebut tidak membuahkan hasil. Laga selesai untuk keunggulan Arema FC atas RANS Nusantara 2-0 di babak pertama.

Di babak kedua, RANS akhirnya mencetak gol untuk memperkecil ketertinggalan pada menit ke-59. Mitsuru Maruoka mencetak gol melalui eksekusi tendangan bebas.

RANS kehilangan satu pemain setelah Francisco Pereira Carneiro menerima kartu kuning kedua di menit ke-69. Pemain yang akrab disapa Kiko itu harus keluar lapangan setelah melanggar Dedik Setiawan di dekat kotak penalti. 

Kiper RANS Hilmansyah mendapat kartu merah setela dianggap melanggar Samuel Balinsa dalam duel memperebutkan bola. Kedua pemain itu harus ditandu keluar untuk perawatan pada menit ke-74.

Pemain penggantu Gilbert Alvarez Vargas mencetak gol ketiga untuk membuat Arema FC unggul 3-1. Gol datang dari umpan Flabio Soares ke Gilbert Alvarez yang tak terkawal di tengah kotak. 

RANS yang tidak mau menyerah menipiskan ketertinggalan lewat tendangan penalti Mitsuru Maruoka di menit ke-89. Setelah itu, tidak ada gol tambahan, Arema FC sukses menundukkan RANS Nusantara 3-2.

Kekalahan ini membuat RANS tertahan di peringkat delapan klasemen dengan 33 poin. Sementara itu, Arema membuka asa keluar dari zona merah di posisi 16 dengan 24 poin.

Susunan Pemain:

RANS Nusantara (4-3-3): Hilmansyah (GK), Marckho Merauje, Angelo Meneses, Kiko, Taufik Hidayat, Antonius Florido, Paulo Sitanggang, Mitsuru Maruoka, Andi Irfan, Kenshiro Daniels, Erwin Ramdani.

Pelatih: Eduaro Almeida

Arema FC (4-3-3): Julian Schwarzer (GK), Achmad Maulana, Bagas Adi Nugroho, Julian Guevara, Johan Alfarizi, Jayus Hariono, Arkhan Fikri, Muhammad Rafli, Dedik Setiawan, Charles Lokolingoy, Dendi Santoso.

Pelatih: Kuncoro(*)