Amerika Serikat (AS) mengapresiasi partisipasi rakyat Indonesia, yang dinilai tinggi dalam pemilu, Rabu (14/02/2024). AS menyebut, itu menjadi bukti ketangguhan dan kekuatan komitmen masyarakat terhadap proses demokrasi serta lembaga-lembaga pemilihan umum. 

“Kami menantikan pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengenai hasil resmi pemilu,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) AS, Matthew Miller dalam pernyataan yang dikutip, Kamis (15/02/2024). 

Dalam pesan tertulis itu, Miller memastikan AS siap bekerja sama dengan presiden terpilih. Utamanya, dalam memastikan kemakmuran di kawasan Indo-Pasifik hingga mengatasi perubahan iklim. 

“Tahun ini, seiring dengan perayaan 75 tahun hubungan diplomatik AS-Indonesia, kami berharap dapat bekerja sama dengan Presiden terpilih dan pemerintah Indonesia berikutnya. Serta, lembaga-lembaga legislatif, untuk mewujudkan prioritas bersama yang bermanfaat bagi rakyat kedua negara,” ujarnya.

“Termasuk, mengatasi perubahan iklim, memastikan kawasan Indo-Pasifik yang makmur dan aman, dan menjaga stabilitas internasional.”

Miller menyatakan AS juga siap berkolaborasi dengan pemerintahan baru di Indonesia, untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi rakyat kedua negara. Serta, dalam mengatasi tantangan paling mendesak di abad ke-21.

“AS dan Indonesia adalah mitra dekat, yang dipandu oleh prinsip-prinsip yang ditetapkan dalam Kemitraan Strategis Komprehensif,” ucap Miller. (*)