Bakpao adalah makanan yang berasal dari China, berbahan dasar tepung tarigu dan diberi ragi sehingga mengembang, kemudian diberi isian daging dengan rasa asin lalu dikukus. Bak berarti daging sedangkan pao artinya bungkusan, jadi Bakpao berarti bungkusan berisi daging.

Bakpao

Bakpao merupakan makanan yang difermentasi, banyak makanan fermentasi yang memilki manfaat bagi tubuh. Sumber bahan makanan fermentasi sangat beragam, mikro organisme yang digunakan untuk proses fermentasi pun bermacam macam. Bentuk fermentasi yang utama adalah fermentasi cair atau padat serta fermentasi alami atau murni.

Makanan fermentasi tradisional memiliki nilai gizi yang tinggi dan berkhasiat untuk menjaga Kesehatan. Meskipun sama sama terbuat dari tepung, namun makanan fermentasi seperti bakpao atau roti memiliki nilai kandungan gizi yang lebih tinggi, dibandingkan dengan makanan yang tidak melewati proses fermentasi seperti biscuit atau mie.

Penelitian membuktikan, ragi tidak hanya merubah struktur adonan menjadi lebih renggang, lembut dan enak, tetapi juga meningkatkan kandungan gizi. 

Kang asep seorang pedagang Bakpao asal Sukabumi mengungkapkan, dirinya berjualan bakpao mulai dari pukul 15.00 hingga pukul 23.00  malam, dan setiap harinya bisa menjual 80 hingga 90 bakpao. Bakpao Vanessa yang dijual Asep terdiri dari berbagai rasa diantaranya ada rasa ayam, coklat, keju, ketan hitam, kacang hijau, kelapa, ketan hitam, durian, dan strowberry. 

Makanan Bakpao ini banyak disukai anak anak hingga orang tua dan harganya pun cukup terjangakau berkisar Rp6000 per bijinya. (*)