Badan Pangan Nasional (Bapanas) memastikan Gerakan Pangan Murah (GPM) di berbagai daerah terus berjalan. Langkah tersebut menjadi salah satu instrumen dalam menjaga harga pangan tetap stabil dan terjangkau masyarakat.

Foto ilustrasi : Pasar Murah

"Kami dalam rangka menjaga pangan relatif stabil, mungkin stabil tinggi, sebelum kita menurunkan. Sambil menunggu proses produksi yang bagus maka juga gerakan secara masih GPM," kata Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas), I Gusti Ketut Astawa , Kamis (22/2/2024).

Menurutnya, GPM telah memiliki jadwal pelaksanaan yang pasti. Tercatat, selama Februari 2024 GPM telah terlaksana sebanyak 274 kali. 

Sehingga total pelaksanaan GPM sejak Januari hingga 10 Februari 2024 yakni sebanyak 720 kali. Bahkan, menjelang Ramadan mendatang, pihaknya sengaja mengucurkan anggaran dua kali lipat untuk kegiatan GPM di 38 provinsi.

Gusti mengatakan, selain stabilisasi beras melalui penyaluran beras murah Bulog ke pasar dan ritel modern. Instrumen seperti GPM juga berjalan beriringan dengan harapan harga pangan terjaga dengan stabil.(*)