Penyakit reumatik sering dikaitkan masyarakat akan kebiasaan mandi di waktu malam hari. Tak jarang hal ini dikaitkan dengan mitos-mitos lainnya yang beredar di masyarakat.

Benarkah Mandi Malam Pemicu Utama Penyakit Reumatik?

Dokter Andi Raga Ginting Spesialis Penyakit Dalam sekaligus Konsultan Reumatologi melalui laman Instagram pribadinya (@andiragagt) menjelaskan bahwa hingga saat ini tidak ada penelitian yang membuktikan penyakit reumatik datang dari kebiasaan mandi di malam hari.

"Itu mitos ya," ucap dr. Andi menegaskan.

Dokter sekaligus Konsultan Reumatologi itu mengatakan suhu dingin di malam hari ditambah dengan mandi dengan air suhu dingin membuat perubahan suhu yang tiba-tiba bisa memperburuk nyeri sendi untuk orang yang sudah memiliki kondisi masalah pada persendiran atau memang sudah terkena penyakit reumatik.

"Namun, mandi malam bukan berarti menjadi penyebab utamanya karena kitapun tahu jenis penyakit reumatik ada banyak," tambah dr. Andi menjelaskan lebih detail jenis dan penyebab penyakit reumatik.

Jenis penyakit reumatik diantaranya ialah atritis reumatoid, osteoartritis, asam urat dan penyakit autoimun lainnya. Penyakit ini disebabkan berbagai macam faktor seperti genetik, sistem imun yang bermasalah, faktor lingkungan serta gaya hidup tidak sehat lainnya.

"Jadi, jika kamu sehat dan tidak memiliki masalah dengan reumatik mandi malam aman-aman saja kok," jelas dr. Andi.

Di akhir penjelasannya, dr. Andi memberi pesan untuk tetap memperhatikan kebersihan dan penggunaan suhu air yang tidak terlalu dingin, serta fokus ke gaya hidup sehat seperti olahraga yang teratur, makan makanan bergizi dan cukup istirahat untuk menjaga kesehatan sendi dan masalah reumatik lainnya.(*)