Calon Anggota Legislatif (Caleg) Incumben nomor urut 2 Partai Golkar Dapil IV Karawang Ir Teddy Luthfiana komplain terhadap hasil pleno PPK Kecamatan Lemahabang. Pasalnya, ia menduga ada keganjilan dan kejanggalan penggelembungan suara partai yang tumpah ke suara caleg koleganya di internal dan terjadi di sejumlah desa.(25/2/24).
Calon Anggota Legislatif (Caleg) Incumben nomor urut 2 Partai Golkar Dapil IV Karawang Ir Teddy Luthfiana

"Saya mohon dengan sangat KPUD cermat terhadap hasil penghitungan suara di Kecamatan Lemahabang utuk DPRD kabupaten. Keganjilan dan kejanggalan terjadi banyak menyebar di beberapa desa, berdasarkan data C1 yang ada. Sementara di Kecamayam lain di dapil 4 tidak ada sama sekali keganjilan yang signifikan. Saya punya data di Desa mana saja yg diduga digelembungkan. Bagi saya, suatu keanehan jika perubahan terjadi. Data perolehan suara saya sesuai, sementara data nomor urut 1 berubah signifikan, " Tandasnya, Minggu (24/2/2024).

Hal yang sangat ganjil, sebut Teddy jumlah suara partai berubah, pindah ke nomor urut 1. Baginya, itu keanehan yang nyata. Sehingga, patut diduga kuat terjadi penggelembungan suara Calon DPRD Karawang Dapil 4 dari Partai Golongan Karya di daerah Kecamatan Lemah Abang Wadas Kabupaten Karawang. Dimana rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara parpol dan DPRD dari setiap TPS Di Wilayah Kecamatan Lemahabang Wadas banyak kejanggalan Karena jumlah perolehan suara dari hasil pleno kecamatan berbeda dengan jumlah hasil C1 Salinan yang tersebar di beberapa TPS, seperti Desa Ciwaringin, Desa Karangtanjung, Desa Kedawung, Desa Lemah Abang dan Desa Waringin Karya.

"Yang lebih anehnya kejanggalan itu terjadi hanya pada perolehan suara calon nomor urut 1, sementara perolehan suara calon nomor urut lainnya tidak berubah, " Herannya.

Yang lebih aneh lagi sambung Teddy, jumlah hasil perolehan suara Partai yang terdapat pada C1 Salinan berbeda dengan Hasil Pleno di tingkat kecamatan. Rapat pleno sendiri, katanya, tidak bisa di hadiri secara umum padahal rapat pleno tersebut terbuka untuk umum.
"Perihal ini, pihaknya siap melakukan langkah-langkah terarah secara prosedural, karena saya meyakini lewat salinan C1 sebagai bukti kuat otak-atik perubahan suara ini.

Dugaan desa-desa yang diduga dimanipulasi, versi C1 Bukti yang di miliki Caleg Teddy Luthfiana : 

1. Ciwaringin 27 suara
2. ⁠Karangtanjung 17 suara
3. ⁠Kedawung 23 suara
4. ⁠Lemahabang 26 suara
5. ⁠Waringinkarya 15 suara
Jumlah 108 suara

Keterangan : Semua Data Desa tersebut perubahannya Suara partai pindah ke Caleg nomor 1, Sementara suara caleg lainnya tidak berubah.

Sementara Ketua Bawaslu Karawang Engkus Kusnadi saat dikonfirmasi terkait adanya dugaan seperti disampikan oleh narasumber, ia mengatakan siap menindaklanjutinya sesuai aturan yang berlaku atau prosedur dan propesional.

Dikatakan Engkus Kusnadi pula bahwa pihaknya sampai hari ini belum menerima laporan secara resmi dari dari Teddy Luthfiana. (25/2/24).
 
Rilis ini diturunkan pihak terkait lain diantaranya Ketua PPK Lemahabang atau KPPS sejumlah desa dan Ketua KPU Kabupaten juga belum dikonfirmasi termasuk Caleg yang katanya jumlah suaranya bertambah dengan signifikan.(Rls).