Hujan disertai angin kencang mengguyur wilayah Cirebon sejak sore disertai datangnya angin putong beliung yang menghantam beberapa rumah warga di wilayah Desa Pasaleman pada Rabu (21/2/2024). 

Desa Pesaleman Cirebon Dihantam Angin Puting Beliung

Tercatat Ada sekitar 7 rumah yang terdampak paling parah dan hampir atap serta genteng rumah berterbangan hingga menimbulkan kerusakan fatal.

Kepada sejumlah awak media Kuwudesa Pesaleman, kecamatan Pesaleman, kabupaten Cirebon Arif mengatakan akibat kejadian angin puting tersebut membuat warga panik dan berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri dari runtuhan genteng yang berhamburan dan terbang terkena angin puting beliung. 

“Berawal dari hujan yang diiringi angin kencang disertai puting beliung yang menimpa daerah kami dan warga kami yang mengakibatkan beberapa rumah rusak berat dan ringan,” ujarnya.

Lanjut kuwu Arif menjelaskan, bahwa kerugian yang paling besar dialami tujuh rumah di blok pahing karena hampir semua atap bangunan rumah tersapuh bersih oleh kencangnya angin puting beliung. Bahkan sampai malam ini, pihaknya bersama perangkat desa, tokoh masyarakat dan warga sekitar mendata dan mempersiapkan tempat evakuasi bagi warga yang terdampak.

“Kami berharap Pemkab Cirebon dan dinas terkait untuk segera turun melihat langsung warga yang terkena musibah angin puting beliung,” ajarnya.(*)