Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin mengajak masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan acara akbar F1 Powerboat. Gelaran itu akan diadakan pada tanggal 2-3 Maret 2024.

Digelar 2-3 Maret, Gubernur Ajak Sukseskan F1 Powerboat, Duet Maut di Danau Toba

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut memberi dukungan pada penyelenggaraan balapan perahu tersebut. Menurut Hassanudin, F1 Powerboat membawa dampak positif bagi masyarakat Sumut khususnya Toba.

“Kita harapkan jumlah pengunjungnya melebihi tahun lalu, perputaran uang di sini tahun lalu seperti yang kita tahu sangat besar, sekitar Rp300 miliar. Untuk itu Pemprov Sumut memastikan lancer dan suksesnya acara ini,” kata Hassanudin di Pelabuhan Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba, Jumat (23/2/2024).

Untuk itu, Hassanudin mengajak masyarakat Sumut ikut mendukung dan menyukseskan event internasional tersebut. Ia juga mengajak masyarakat Sumut datang untuk menonton F1 Powerboat di Balige.

“Sukses tahun lalu itu terjadi karena dukungan masyarakat juga. Tanpa dukungan itu tidak mungkin sebesar itu, untuk itu saya mengajak masyarakat Sumut untuk datang langsung ke Balige menonton F1 Powerboat,” kata Hassanudin lagi.

Selain itu UMKM sekitar venue juga berperan menyukseskan kegiatan tersebut. “Mulai minggu depan semoga geliat perekonomian masyarakat di sekitar venue sudah mulai meningkat,” ujarnya.

Hassanudin juga mengharapkan dengan perhelatan akbar F1 Powerboat dapat memicu munculnya event-event internasional lain. Dengan begitu kunjungan wisatawan di Sumut akan meningkat.

“Apalagi Sumut memiliki potensi sport tourism, aquabike, powerboat, balap rally telah sukses dilaksanakan. Diharapkan nantinya semakin banyak event sport tourism yang bisa dikembangkan di Sumut,”ucapnya.

Seperti diketahui, Gaung F1 Powerboat di Danau Toba 2024 kembali menggema di Pos Bloc Medan pada Kamis (22/02/2024) siang. Turut menghadirkan salah satu pemeran film 'Agak Laen' yaitu Oki Rengga Winata, serta dua konten kreator asal Medan, yakni Wanda dan Ilham. 

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono mengatakan, Danau Toba dinobatkan sebagai destinasi ke 24 terbaik di dunia. Ini tidak terlepas dukungan berbagai kegiatan skala dunia termasuk melalui F1 Powerboat yang terus berlanjut hingga 2027.

Kabar awal,  Kejuaraan Dunia Perahu Cepat F1Powerboat akan menyatu dengan Kejuaraan Nasional Aquabike Indonesia Championship di Danau Toba pada 2-3 Maret mendatang. Acara ini akan menjadi panggung bagi sejumlah pembalap kelas internasional yang akan berlaga dalam gelombang air yang menggetarkan.

Menurut Maya Watono, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia, yang dikenal dengan InJourney, AIC atau Aquabike Indonesia Championship akan digelar bersamaan dengan F1Powerboat. 

AIC, yang diselenggarakan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI), merupakan ajang untuk membangkitkan bakat-bakat lokal dalam jetski. Kejuaraan ini memperlombakan dua kategori utama, yakni endurance dan paralel slalom, di mana sekitar 20 pembalap nasional akan berkompetisi.

Ini adalah kesempatan emas bagi para atlet untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka, dengan harapan bisa bersaing di tingkat internasional di tempat yang sama. Sementara itu, F1Powerboat akan menyuguhkan aksi luar biasa dari olahraga air berkelas internasional, dengan Danau Toba yang mempesona sebagai latar belakangnya. 

Para pengunjung tidak hanya akan menikmati aksi balap. Namun, juga festival budaya, pameran UMKM, dan penampilan dari band-band ternama yang akan memeriahkan acara tersebut.

Kegiatan ini tidak hanya menarik perhatian dari level internasional dan nasional, tetapi juga menghidupkan kembali tradisi lokal masyarakat Batak dengan kompetisi Solu Bolon, atau yang dikenal sebagai perahu naga. Lomba yang didasarkan pada kearifan lokal masyarakat setempat ini akan menawarkan total hadiah senilai Rp250 juta, dengan final yang akan disaksikan oleh masyarakat sekitar Danau Toba.

Injourney sebagai penyelenggara acara, berharap keberhasilan acara ini tidak hanya akan meningkatkan pariwisata di Danau Toba, tetapi juga akan memberikan dampak ekonomi yang signifikan. Dengan adanya berbagai kegiatan yang ditawarkan, mulai dari balapan hingga konser musik dan festival budaya, diharapkan akan mendorong pertumbuhan ekonomi melalui efek berganda dari kejuaraan tersebut.

Dengan demikian, Kejuaraan Dunia Perahu Cepat F1Powerboat dan Kejuaraan Nasional Aquabike Indonesia Championship di Danau Toba akan menjadi salah satu sorotan utama tahun ini. Yakni menggabungkan aksi olahraga, budaya, dan perekonomian dalam satu panggung.(*)