Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Pelantikan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). 

Foto AHY Ketum Demokrat

AHY menggantikan posisi Hadi Tjahjanto yang dilantik Presiden sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam). Lalu seberapa harta kekayaan AHY.

AHY menyampaikan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terakhir tahun 2016. Dikutip dari laman elhkpn.kpk.go.id, AHY saat itu mengaku memiliki harta Rp15,29 miliar dan USD511.332. 

Harta kekayaan AHY terdiri dari dua bidang tanah dan bangunan di Jakarta Selatan dan satu bidang tanah di Kabupaten Bogor. Tanah dan bangunan AHY itu ditaksir senilai total Rp6,7 miliar. 

Selain itu, AHY memiliki satu unit mobil Toyota Vellfire dengan nilai Rp550 juta. AHY juga memiliki peternakan senilai Rp 360 juta. 

AHY juga memiliki perusahaan bernama PT Exquisite Indonesia senilai Rp 360 juta. Tak hanya itu, AHY memiliki harta bergerak lainnya dengan nilai total Rp 688 juta. 

Harta bergerak lainnya itu terdiri dari logam mulia hasil sendiri dan warisan senilai Rp523,8 juta. Berikutnya batu mulia senilai Rp40 juta, dan benda bergerak lainnya senilai Rp125 juta. 

Selanjutnya, AHY memiliki giro dan setara kas dengan nilai total Rp 6,9 miliar. Dalam LHKPN itu, AHY mengaku tidak memiliki utang.(*)