Breaking News
---

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon Bentuk Saber Sampah Liar

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon pada tahun 2024 ini mempunyai program membersihkan lokasi Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Liar. (29/2/24).

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon Bentuk Saber Sampah Liar

Pengawas Lingkungan, DLH Kabupaten Cirebon, Teguh Budiman mengatakan program tersebut diberi nama Sapu Bersih (Saber) Sampah Liar, yang mana peluncurannya telah dilakukan bertepatan dengan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2024 di lokasi TPS liar Desa Ambit Kecamatan Waled. DLH telah memetakan lokasi TPS liar yang akan menjadi sasaran program.

"Memang kita sudah coba petakan mana-mana sampah liar yang berada di Kabupaten Cirebon baik di timur, tengah, utara maupun barat, sehingga yang kemarin sudah kita tangani secara kedinasan harapannya kenapa kita mengadakan program ini agar masyarakat luas juga tahu bahwa kita turun bersama-sama untuk bisa membersihkan titik-titik sampah liar yang kami pikir memang sudah urgen artinya tingkatnya banyak sekali salah satunya ada di Desa Ambit juga," katanya, Kamis (29/2/2024).

Ditambahkan Teguh, sebanyak 10 titik tps liar sudah ditentukan untuk secepatnya dibersihkan. Dalam melakukan pembersihan, DLH dibantu berbagai komunitas peduli lingkungan dan warga Desa Ambit sehingga pihaknya tidak terlalu berat dalam pelaksanaannya. 

Ia mengakui bila sampah rumah tangga hampir memenuhi TPS liar, maka DLH Kabupaten Cirebon meminta pemerintah desa segera mengaktifkan Bak konteiner untuk dapat melayani sampah yang dibuang oleh masyarakat. Kemudian sampah tersebut akan diangkut petugas DLH sehingga sampah bisa ditertibkan dengan baik.

Saber Sampah Liar yang akan dilakukan DLH dalam waktu dekat yakni di Jalan pantura perbatasan antara Indramayu dengan kabupaten Cirebon tepatnya di desa Kapetakan.

"Kegiatan itu diharapkan bisa dilakukan jadi unsur pentahelix kita munculkan sehingga kegiatan yang kita lakukan dijadikan tagar bahwa semua ini kita mesti turun," ujar Teguh.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan