GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Disdukcapil Jemput Bola Perekaman E-KTP Pemilih Pemula

Jelang pemungutan suara  pemilu 14 pebuari 2024, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), secara masif mengeluarkan kebijakan untuk melakukan perekaman E-KTP  kepada pemilih pemula setingkat pelajar SMA, SMK sederajat hingga Pesantren.

Disdukcapil Jemput Bola Perekaman E-KTP Pemilih Pemula

Kepala Disdukcapil Pemkab Garut Natsir Alwi mengatakan, pihaknya memiliki beberapa produk program seperti jemput perekaman pemula anak disekolah "Jerapah" dan juga jemput bola ke desa desa hingga kerumah penduduk.

"Yang menjadi sasaran program perekaman tersebut untuk anak yang sudah berusia 17 tahun dan hingga genap 17 tahun pas pencoblosan nanti,"jelasnya.

Ia menyampaikan, perekaman secara proaktif ini dilalukan setiap harinoleh tiga tim, dan saat ini sedang difokuskan ditingkat kecamatan.

"Selain program jerapah, kami juga punya yang namanya prigram "pajero"atau 'pelayanan adminitrasi jemput karorompok' dengan sasaran bagi warga lanjut usia (lansia) dan juga kalangan disabilitas,"ujarnya.

Ia menerangkan, dari total jumlah penduduk hampir 3 juta jiwa, dan 2 juta an lebihnwarga yang memliki hak pilih atau masuk daftar pemilih tetap (DPT), susah hampir 70 persen telah dilakukan perekaman, dan sisanya tinggal 11 ribuan.

"Kami beesinergi dengan institusi terkait lainnya seperti dengan dinas pendidikan, agar puhak sekolah bisa memberikan dispensasi bagi pelajar untuk dilakukan perekaman guna kepentingan kepemilikan identitas e-KTP,"pungkasnya.(*)

Komentar0