GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Hoaks Hasil Perhitungan Suara Pemilu di Luar Negeri

Sebuah unggahan video beredar di TikTok yang diklaim sebagai hasil perolehan sementara pemungutan suara capres Pemilu 2024. Unggahan itu disebut berasal dari enam negara.

Keenam negara tersebut merupakan Malaysia, Korhea Selatan, Jepang, Arab Saudi dan Taipei. Dalam perolehan suara tersebut, pasangan calon nomor urut dua Pabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dibanding dua paslon lainnya.

Unggahan it menarasikan hasil perolehan suara capres Pemilu 2024 telah keluar. Faktanya, penghitungan suara pemilu di luar negeri dilakukan pada 14 - 15 Februari 2024.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari dalam keterangan resminya membantah sudah ada publikasi hasil perolehan suara Pemilu 2024 di luar negeri. Ia mengatakan pemungutan suara di luar negeri memang dilakukan lebih awal (early voting) dibandingkan dalam negeri.

Namun, penghitungan suara pemilu di luar negeri dilakukan bersamaan. Yakni bersamaan dengan waktu penghitungan suara pemilu dalam negeri pada 14 Februari-15 Februari 2024.

"Dengan demikian bila sudah ada publikasi hasil penghitungan suara LN (luar negeri) sebelum 14 Februari 2024, kami pastikan itu adalah tidak benar," kata Hasyim. Dengan demikian video hasil perolehan suara sementara tersebut merupakan keliru.(*)

Komentar0