*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Ini 4 Manfaat Bunga Rosela bagi Kesehatan Tubuh

Bunga Rosella tak hanya cantik dipandang mata. Tanaman ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan, bunga dan daunnya bisa diolah menjadi teh atau minuman herbal yang memberikan cita rasa segar dan asam yang khas.

Bunga Rosella

Tanaman ini kaya akan vitamin C, antioksidan, dan zat-zat lain yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh serta memiliki potensi untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sederet manfaat bunga rosella bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Menurunkan Tekanan Darah

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa ekstrak tanaman rosella mampu menurunkan tekanan darah pada penderita sindrom metabolik. Penyakit ini ditandai dengan peningkatan tekanan darah, gula darah, kolesterol, serta berat badan.

Selain itu, suplemen maupun teh rosella juga diketahui dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Namun, penggunaan teh rosella sebagai obat untuk mengatasi hipertensi tentunya harus dikonsultasikan lebih dulu dengan dokter.

2. Menurunkan Kolesterol

Tanaman rosella dipercaya mampu menghambat penyerapan asam lemak jenuh serta menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Tak hanya itu, rosella juga bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil, menurunkan kadar kolesterol total, serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

3. Mencegah Penyakit Jantung

Tanaman rosella bermanfaat untuk mengatasi kolesterol tinggi dan menurunkan tekanan darah. Hal ini membuat teh rosella bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, aterosklerosis, dan stroke.

4. Mencegah Obesitas

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan polifenol dan flavonoid dalam tanaman rosella mampu menghambat dan mengurangi penumpukan jaringan lemak dalam tubuh, sehingga membantu mencegah obesitas.(*)

Komentar0