Breaking News
---

Ini Biang Kerok Beras Jadi Langka Dan Mahal

Dinas Pertanian Kabupaten Subang mengungkapkan, kelangkaan beras di pasaran yang berdampak terhadap naiknya harga beras saat ini, karena disebabkan dampak elnino yang terjadi pada tahun 2023 lalu.

Foto : Beras di pedagang Eceran

Kepala Bidang Produksi Dinas Pertanian Kabupaten Subang Soleman Sidik mengatakan, dampak elnino pada 2023 lalu itu, mengakibatkan mundurnya musim tanam, sehingga panen juga mengalami keterlambatan.

"Jadi elnino itu lah, yang menjadi penyebab stok beras kosong dan harga beras di kita naik, yang kata orang Subang ini lumbung padi," ungkap Soleman di Subang, Kamis (29/2/2024).

Semestinya di bulan Januari, Februari hingga Maret sudah pada panen, lanjut Soleman, namun karena tetdampak elnino, membuat panen juga ikut mundur. "Jadi dampak elnino itu, sangat signifikan terhadap stok pangan khususnya padi, yang mengakibatkan harga beras menjadi naik," ujarnya.

Untuk meminimalisir agar harga beras tetap setabil, menurut Soleman, alangkah baiknya pemerintah mengimpor beras, untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat akan beras selama Ramadan hingga Lebaran nanti.

"Solusinya, ya pemerintah harus membuka kran impor beras, untuk memnuhi kebutuhan selama ramadan hingga lebaran nanti. Paska lebaran dipastikan para petani di Subang, sebagian besarnya sudah mulai panen," pungkas Soleman.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan