Undian babak 16 besar Liga Europa 2023-2024 telah berlangsung di markas UEFA, Nyon, Jumat (23/2/2024) malam WIB. Wakil Inggris Liverpool akan ditantang raksasa Republik Ceko Sparta Praha.

Dini hari tadi, Liga Europa telah menyelesaikan babak playoff 16 besar dengan delapan tim dinyatakan lolos ke babak ini. Mereka akan berhadapan dengan para juara di fase grup.

Liverpool

AS Roma, AC Milan, Freiburg, Sporting CP, Benfica, Qarabag, Sparta Praha, dan Olympique Marseille sukses menyisihkan lawan masing-masing di play-off. Mereka ditunggu juara grup, yakni West Ham United, Brighton & Hove Albion, Rangers, Atalanta, Liverpool, Villarreal, Slavia Praha, dan Bayer Leverkusen. 

Liverpool termasuk salah satu tim unggulan dalam drawing ini karena lolos sebagai juara grup. Liverpool akan ditantang raksasa Republik Ceko Sparta Praha.

Sementara kandidat kuat juara lainnya Bayer Leverkusen akan berjumpa Qarabag asal Azerbaijan. Raksasa Italia AC Milan akan bertemu tim besar Ceko lainnya di babak ini, yakni Slavia Praha.

Tim Italia lainnya AS Roma menghadapi lawan yang terbilang tricky, yakni Brighton & Hove Albion yang lolos dari fase grup sebagai juara. Juara Conference League musim lalu, West Ham United, bertemu Freiburg.

Leg pertama perdelapan final Liga Europa berlangsung 7 Maret, dengan duel kedua digelar sepekan kemudian. Sebanyak 16 tim bertarung memperebutkan tiket final yang berlangsung di Aviva Stadium, Dublin, Republik Irlandia, pada 22 Mei mendatang.

Hanya ada tiga negara yang menjadi juara dalam 12 edisi terakhir Liga Europa. Spanyol mendominasi dengan merebut delapan gelar, disusul Inggris lewat tiga trofi, sedangkan satu titel lain direbut wakil Jerman Eintracht Frankfurt.

Berikut Hasil Undian 16 Besar Liga Europa 2023-2024:

Sparta Praha vs Liverpool

Marseille vs Villarreal

AS Roma vs Brighton

Benfica vs Rangers

Freiburg vs West Ham

Sporting Lisbon vs Atalanta

AC Milan vs Slavia Praha

Qarabag vs Bayer Leverkusen