Sebanyak 668 TPS di lima kabupaten/kota dan empat provinsi di Indonesia, potensi dilakukan pemungutan suara Pemilu 2024 susulan. Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari membeberkan, rincian daerah-daerah yang potensi melakukan pemungutan suara pemilu susulan tersebut.

Data ratusan TPS tersebut, Hasyim mengaku, berdasarkan hasil monitoring sampai hari H Pemilu 2024. Lebih tepatnya, sampai 14 Februari 2024, pada pukul 18.00 WIB.

"Pertama, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, sebanyak 108 TPS harus melakukan pemungutan suara susulan. Daerah tersebut masih dilanda banjir yang menggenangi 10 desa di Kabupaten Demak," kata Hasyim dalam keterangan persnya, Kamis (15/2/2024).

Kedua, Kota Batam, Kepulauan Riau, kata Hasyim, terdapat delapan TPS yang kekurangan surat suara. Ketiga, Kabupaten Paniai, Papua Tengah, sekitar 92 TPS yang melakukan pemungutan suara susulan.

"Keempat, Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah, ada 456 TPS yang pemungutan suaranya susulan. Dua-duanya baik Paniai maupun Puncak Jaya ada di Provinsi Papua Tengah," ucap Hasyim.

Kelima, Hasyim menegaskan, terdapat di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan. Terdapat empat TPS melalukan pemungutan suara susulan, karena gangguan keamanan.

"Totalnya, ada 668 TPS di lima kabupaten/kota yang tersebar di empat provinsi. Yaitu Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Papua Tengah dan Papua Pegunungan," ujar Hasyim.(*)