Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo memastikan akan menindak tegas siapapun yang hendak mengacaukan Pemilu. Bahkan pihaknya akan tembak di tempat bagi siapapun yang sengaja kotak dan surat suara pasca Pemilu 2024.

Penegasan itu disampaikannya disela pemantauan ke gudang panitia pemilihan kecamatan (PPK) di sejmlah kecamatan kabupaten Bandung, Sabtu (17/2/2024). "Apabila ada pihak-pihak yang akan merusak kotak suara, akan melakukan pembakaran dan sebagainya kita bisa lakukan tindakan tegas, tembak di tempat,”ucapnya.

Ia menyatakan serius mengawal jalannya pemilu. Dengan tembak di tempat, diharakan tidak ada yang mau mengganggu proses demokrasi lima tahunan di Republik ini.

Dijelaskan Kusworo, setiap harinya di gudang tingkat PPK Kecamatan selalu dijaga petugas gabungan bersenjata TNI dan Polri, selain dari Bawaslu dan KPU."Tujuannya kita ingin pastikan surat suara dalam keadaan aman," ucapnya.

Ia pun bersyukur selama tiga hari pasca hari H Pemilu 2024, kondisi di Kabupaten Bandung kondusif. "Sejauh ini kondusif, alhamdulillah kami tidak menemukan dan melihat adanya sinyalemen-sinyalemen munculnya kerusuhan,” kata Kombes Pol Kusworo

Meski tidak ada pihak-pihak yang akan melakukan keributan atau perusakan kotak suara, ia memastikan pihaknya tetap siaga. “Kami siap melakukan persiapan terbaik untuk kondisi terburuk," ujar Kusworo Wibowo lagi.(*)