Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief mengatakan Kementerian Agama saat ini tengah menyusun skema alokasi kuota petugas haji melalui jalur pretasi dan teladan. Skema ini disiapkan untuk kepala madrasah dan Kantor Urusan Agama (KUA lewat jalur prestasi dan teladan.

Hal ini disampaikan Hilman Latief dalam gelaran Jagong Masalah Haji dan Umrah (Jamarah) di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Senin (12/2/2024). Kegiatan ini dihadiri puluhan kepala madrasah se Kabupaten Bandung.

"Ini sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan dari Kementerian Agama kepada para kepala madrasah dan KUA berprestasi maupun teladan untuk menjadi petugas haji atas dedikasinya dalam pelayanan pendidikan dan keagamaan. Mekanisme dan formatnya tengah kita susun bersama," ujar Hilman Latief.

"Jadi kita ingin memberikan reward, betul-betul reward sebagai bentuk penghargaan atas dedikasi kepada ASN Kemenag yang komitmen dan berdaya juang tinggi dan itu memang layak untuk kita hargai. Semoga tahun depan skema ini bisa kita terapkan," sambungnya.

Hilman berharap, skema kuota petugas haji untuk kepala madrasah dan KUA berprestasi ini dapat memberikan kesempatan kepada mereka untuk bertugas sekaligus menunaikan ibadah haji. "Menunaikan ibadah haji itu adalah panggilan Allah, begitu juga dengan menjadi petugas haji," pungkas Hilman.

Jamarah di Kabupaten Bandung ini juga menghadirkan narasumber Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily. (*)