Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Persatuan Mahasiswa Peduli Demokrasi kembali menggelar aksi damai. Aksi ini untuk memberikan dukungan morel kepada KPU dan Bawaslu, merawat demokrasi Indonesia. 

Mahasiswa Gelar Aksi Damai Dukung Bawaslu dan KPU

Koordinator aksi Samsul Bahri menjelaskan, aksi ini mereka lakukan karena ingin menjaga KPU dan Bawaslu dari segala bentuk intervensi. Baik itu intervensi dari dalam, maupun dari luar negeri. 

"Akhir-akhir ini semakin banyak saja oknum-oknum yang menjual obral gerakan murahan memakai nama masyarakat. Mereka mencoba merusak proses demokrasi kita, kami tidak mau," katanya di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Rabu (21/02/2024).

Samsul mengatakan, dengan mengatasnamakan rakyat, pihak yang tidak bertanggung jawab sedang berupaya menciptakan keresahan. Ia menduga hal itu untuk menciptakan kekacauan di tengah masyarakat. 

Ia menguraikan, para oknum tersebut selalu menghembuskan sentimen negatif dan rasa tidak percaya terhadap tahapan Pemilu 2024. Padahal, proses penghitungan suara pemilih dari seluruh TPS di Indonesia belum usai.

"Sebagai kontrol sosial, Persatuan Mahasiswa Peduli Demokrasi terpanggil menjadi garda terdepan untuk melawan gerakan liar. Gerakan yang berpotensi memicu konflik horizontal pada masyarakat luas serta berdampak terhadap ketertiban dan keamanan negara," ujarnya.(*)