Puluhan Mahasiswa dari berbagai kampus di wilayah Jawa Barat yang tergabung dalam Organisasi Taktis Aliansi Mahasiswa Jawa Barat 

melakukan aksi damai di Kantor KPU Provinsi Jabar, Jalan Garut No. 11, Kacapiring, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Minggu (25/2/2024)
.

Aksi tersebut dipimpin oleh Indrajid Rai Garibaldi dan koordinator lapangan Adnan, dengan melibatkan sekitar 70 orang massa yang berasal dari beberapa kampus di Jawa Barat.

Aksi damai tersebut bertujuan untuk memberikan dukungan moral kepada petugas KPU dan KPPS yang telah berjuang dan berkorban demi kelancaran, keadilan, dan ketentraman Pemilu 2024. Dalam aksi tersebut, alat peraga yang digunakan antara lain pengeras suara, sebuah karangan bunga yang bertuliskan "Ucapan terima kasih kepada seluruh petugas KPU dan seluruh petugas KPPS yang telah bertugas dalam menyelenggarakan pemilu 2024," serta berbagai flayer dan spanduk dengan pesan-pesan ucapan terima kasih kepada petugas pemilu.

Dalam press release yang disampaikan, Aliansi Mahasiswa Jawa Barat, disebutkan bahwa perjuangan KPPS dari tingkat RT, RW, kelurahan, kecamatan, desa, kabupaten, dan kota akan selalu terkenang di hati masyarakat. 

“KPPS dianggap sebagai pahlawan pesta demokrasi yang mampu mewujudkan jalannya pemilu dengan lancar, terlepas dari siapapun yang memenangkan pemilu tahun 2024. Mereka juga mengucapkan terima kasih kepada KPPS dan KPU atas pengorbanan nyawa dan kesehatan dalam menjalankan pemilu 2024,” ujar Indrajid.

Aliansi Mahasiswa Jawa Barat juga mengimbau agar masyarakat Indonesia berani jujur bahwa hasil pemilu harus dihormati dan tidak melakukan tindakan merugikan bangsa. Mereka menekankan pentingnya masyarakat menjunjung tinggi dan menghormati hasil yang dikeluarkan oleh KPU, terlepas dari kemenangan atau kekalahan dalam pemilu. 

Rangkaian kegiatan aksi dimulai pukul 11.23 WIB, di mana massa aksi berkumpul di kantor sekretariat literasi pemuda berdikari di Jl. Majalengka No. 12, Kelurahan Kacapiring, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung. 

Kemudian, pukul 11.45 WIB, massa melakukan long march menuju kantor KPU provinsi Jabar. Pukul 11.57 WIB, massa tiba di depan kantor KPU dan menyanyikan lagu "Halo-Halo Bandung". 

Pukul 11.59 WIB, perwakilan dari KPU Jabar bertemu dengan para pengunjuk rasa dan menyampaikan terima kasih atas dukungan dan apresiasi terhadap petugas KPPS. Pukul 12.00 WIB, dilakukan penyerahan simbolis karangan bunga kepada pihak KPU dan peletakan karangan bunga di pintu masuk KPU Jabar. 

Pukul 12.05 WIB, perwakilan massa melakukan konferensi pers dan membacakan press release yang diliput oleh media online dan cetak. Pukul 12.10 WIB, massa aksi membubarkan diri dari kantor KPU propinsi Jabar. Aksi damai ini merupakan bentuk dukungan dan penghargaan dari Aliansi Mahasiswa Jawa Barat terhadap peran penting yang dilakukan petugas KPU dan KPPS dalam menjalankan tugas demokrasi.(*)