Ratusan masyarakat umum melakukan skrining kesehatan jiwa di RSUD Tamansari, Jakarta Barat, Selasa (20/2/2024). Mereka yang mengikuti tes skrining kesehatan jiwa tercatat ada yang menjadi timses caleg dan capres pada Pemilu 2024.

Foto ilustrasi

Ketua Pelaksana sekaligus Dokter Umum RSUD Tamansari, dr Aditya Novita mengatakan setidaknya ada 100 orang yang terdaftar dalam acara tersebut. Dari jumlah itu, 12 diantaranya merupakan anggota KPPS dan anggota tim sukses caleg dan capres. 

"Sebelumnya kami membuat ajakan untuk mengisi link pendaftaran, seminggu sebelum acara berlangsung hari ini. Semula hanya 95 orang tapi sekarang sudsh seratus lebih yang ikut tes," kata dr Vita, sapaan akrabnya, di RSUD Tamansari, Jakarta Barat, Selasa (20/2/2024). 

Setelah melakukan pendaftaran, masyarakat diarahkan untuk mengisi daftar hadir sebagai tanda registrasi. Kemudian peserta dilakukan pemeriksaan tensi atau tekanan darah. 

"Setelah itu mereka menunggu antrian untuk melakukan pemeriksaan tes kesehatan mental dan jiwa menggunakan alat khusus. Alat tersebut disebut juga HRV (Heart Rate Variability) Test. 

"HRV Test ini berlangsung selama tiga menit, cukup dengan meletakkan satu jari pada alat tersebut. Setelah itu interpretasi atau hasil dari tes tersebut keluar," kata Dokter Vita, menjelaskan. 

Tahap terakhir, masyarakat yang sudah mendapatkan hasil bisa melakukan konseling ke dokter spesialis kejiwaan juga psikolog. Dokter spesialis kejiwaan dan psikolog dihadirkan langsung dari RSJ Soeharto Heerdjan yang bekerja sama dengan RSUD Tamansari. (*)