Menko Polhukam Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto bersilaturahmi ke Kediaman Sri Sultan Hamengkubuwono X di Keraton Yogyakarta, Jumat (23/2/2024). Sejumlah hal dibahas, termasuk kondisi keamanan Indonesia pascapemilihan umum (Pemilu) Serentak 2024 yang telah berlangsung, pada Rabu (14/2/2024).

"Ini adalah silaturahmi biasa, saya menyampaikan bahwa saya baru saja dilantik menjadi menko polhukam. Dan saya mohon doa restu kepada Ngarso Dalem dan kami bercerita banyak, cerita yang ringan-ringan saja," kata Hadi dalam keterangan tertulis, Sabtu (24/2/2024).

Menkopolhukam Bahas Keamanan dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X

Dia mengatakan, juga menyinggung terkait pascapemilu dengan situasi sangat baik dan sangat kondusif. "Sehingga, situasi yang seperti ini, tentunya kami koordinasi untuk tetap dijaga dan pertahankan," ujar Hadi.

Menurut dia, saat ini seluruh masyarakat Indonesia sedang menunggu tahapan pemilu selanjutnya. Yaitu, mulai dari pengumuman sampai dengan nantinya pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. 

"Saya kira kondisi seperti ini harus terus dipertahankan dan itu menjadi bagian dari tanggung jawab seluruh komponen bangsa. Supaya pembangunan yang sedang berjalan ini dapat terus terlaksana dengan baik," ucap dia.

Hadi menegaskan, tidak membahas hal lain di luar penugasannya sebagai menko polhukam. Sebab, kata dia, hal utama saat ini adalah menjaga stabilitas keamanan.

"Tradisi saya selalu sowan kepada Ngarso Dalem. Saya hanya ngomong biasa saja sesuai dengan tugas saya yaitu menjaga stabilitas keamanan," ujar dia.

"Dan kondisi seperti inilah yang harus kita pertahankan. Supaya rakyat juga tenang dan itu bagian tugas yang harus saya jaga."

Mantan Panglima TNI dan Mantan Menteri ATR/BPN ini mengungkap, Sri Sultan HB X memberikan sejumlah wejangan. Yaitu, berkaitan dengan tugasnya sebagai menteri. 

"Intinya adalah menjaga keamanan dan Sultan juga sangat ingin kondusif. Yang saat ini sedang berjalan, yaitu agar tetap aman dan damai," ucap Hadi.

Deputi Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa Kemenko Polhukam Djanedri M Gaffar tuurt mendampingi Hadi. Selain itu, turut hadir sejmlah Staf Khusus Menko Polhukam disambut oleh Putri ke IV Sultan, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hayu.