Potensi besar dari keberadaan sport Center di Kabupaten Cirebon kurang dikembangkan karena belum secara menyeluruh selesai pembangunannya, baik keseluruhan Stadion maupun sarana olahraga penunjang lainnya. 

Saat dikonfirmasi terkait hal tersebut, Ketua Umum KONI Kabupaten Cirebon, Sutardi Raharja mengakui kekurangan dan kelemahan dari sport center yang ada di wilayah Watubelah Sumber Kabupaten Cirebon. Ia pun bertekad akan melakukan pembicaraan dengan pemerintah Kabupaten Cirebon untuk mencari solusi terbaik, sehingga bisa cepat selesai pembangunannya lengkap dengan segala bentuk fasilitas sarana olahraga penunjang lainnya. 

“Saya akui itu karena belum selesai dan masih banyak kekurangan, itu dari dulu, sudah banyak yang kurang, dan harus diselesaikan. Saya dan jajaran KONI Kabupaten Cirebon pun akan lakukan pertemuan dan pembicaraan bagaimana nasib keseluruhan Sport Center Watubelah Cirebon,” ujar Sutardi, Senin (26/2/2024).

Harapan akan Penyelesaian nasib Sport Center Kabupaten Cirebon juga diutarakan Pemerhati Olahraga di Cirebon Abdul Hamid. Kepada RRI, Hamid dengan tegas berharap Pemkab Cirebon untuk secepatnya menyelesaikan semua sarana olahraga yang berada di kawasan Sport Center Watubelah sumber Cirebon agar bisa dipergunakan dengan layak. 

“Saya sudah bergerak di Olahraga lebih dari 15 tahun. Pas dulu denger bangun Sport Center senenglah, eh.. sampai sekarang pembangunan gak selesai-selesai. Kecewa iya, tapi ya kita harus dukung dan suport Pemkab Cirebon agar selesaikan Sport Center Watubelah, dan kami Optimis bahwa Pemkab bisa dengan cepat menyelesaikan semua pembangunan di sport Center dengan baik, layak, dan tuntas," ucapnya.

Namun demikian, perbaikan Sport Center pun mulai dilakukan. Tahap pertama perbaikan rumput stadion utama, pengaspalan jalan di beberapa kawasan jalur sport center, pemasangan Karpet Joging Track untuk lari dan perapihan rumput serta ilalang yang menjuntai di beberapa titik, bahkan pada hari Minggu, 25 Februari 2024, untuk perdana dilakukan olahraga bersama dengan semua unsur Pemerintah dan masyarakat.(*)