Breaking News
---

Pemerintah Cek Kesiapan Layanan 'Fast Track' Haji Indonesia

Kementerian Agama RI dengan Kementerian Haji dan Umrah Saudi meninjau kesiapan layanan fast track (Macca Road) bagi jemaah haji Indonesia. Pemeriksaan itu dilakukan di Bandara Internasional Juanda, Surabaya dan Bandara Adi Soemarmo, Solo.

Pemerintah Cek Kesiapan Layanan 'Fast Track' Haji Indonesia

Pengecekan dilakukan oleh Wakil Menteri Haji dan Umrah Bidang Ziarah Arab Saudi, Muhammad Abdurrahman Al-Bijawi. Didampingi Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kemenag RI Hilman Latief.

Hilman mengatakan, layanan fast track ini penting karena memudahkan jemaah haji dalam proses pengecekan dokumen keimigrasian, seperti visa dan paspor. Sebab, prosesnya sudah dilaksanakan di bandara asal.

“Dengan fast track atau Macca Road, jemaah akan mendapatkan layanan keimigrasian Saudi, yang dilaksanakan di Tanah Air. Sehingga begitu jemaah datang di tanah suci, sudah tidak lagi diperiksa apa-apa, tinggal naik bus dan langsung ke hotel,” kata Hilman, Rabu (28/2/2024).

Tahapan imigrasi yang sudah dilakukan di Indonesia membuat jemaah tidak perlu antre lagi di imigrasi bandara tujuan. Layanan Fast Track hanya membutuhkan waktu sekitar 30-60 menit, dibandingkan layanan biasa yang membutuhkan waktu sekitar 1-3 jam.

Beberapa tahun terakhir, layanan fast track baru diterapkan bagi jemaah haji yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta. Tahun ini, layanan tersebut sedang diusulkan untuk dapat diterapkan di Bandara Juanda Surabaya dan Bandara Adi Soemarmo, Solo.

Hilman menjelaskan, bahwa ada beberapa alternatif dan skema yang ditawarkan untuk penerapan fast track ini. Nantinya, akan diputuskan melalui rapat selanjutnya, setelah melakukan kajian lebih detil lagi.

“Hasil pemeriksaan di lapangan akan dibahas dalam rapat berikutnya ke level lebih atas. Tim Saudi yang sekarang meninjau akan memberikan rekomendasi sesuai temuan di lapangan, kami harap hasilnya positif,”

Pengecekan kesiapan di Bandara Juanda dilakukan pada 27 Februari 2024. Sementara pengecekan di Bandara Adi Soemarmo berlangsung hari ini, Rabu (28/2/2024).(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan